Kompas TV olahraga sports

Update Asian Games 2022: Indonesia Sudah Dapat 4 Medali, Perdana Disumbangkan lewat Dayung

Kompas.tv - 24 September 2023, 11:28 WIB
update-asian-games-2022-indonesia-sudah-dapat-4-medali-perdana-disumbangkan-lewat-dayung
Atlet taolu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo, menggigit medali emas usai upacara penghargaan pemenang final wushu nomor changquan putra SEA Games 2023 di Chroy Changvar International Convention & Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (12/5/2023). Edgar baru saya menyumbangkan medali perak pertama Indonesia di Asian Games 2022, Minggu (24/9). (Sumber: Kompas.tv/Ant/M Agung Rajasa)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Indonesia untuk sementara meraih empat medali pada ajang Asian Games 2022 hingga Minggu (24/9/2023) siang.

Melansir laman resmi Asian Games 2022, hingga artikel ini ditayangkan Indonesia berada di tempat keenam klasemen sementara perolehan medali dengan satu perak dan tiga perunggu.

Cabang olahraga (cabor) dayung menyumbang medali pertama bagi Kontingen Indonesia yakni perunggu lewat Mutiara Rahma Putri dan Chelsea Corputty di nomor lightweight women's double sculls yang berlangsung di Fuyang Water Sports Centre, Hangzhou, Minggu (24/9).

Baca Juga: Upacara Pembukaan Asian Games 2022: Indonesia Curi Perhatian dengan Baju Adat Betawi dan Rote

Setelah itu dua perunggu lain kembali disumbangkan juga dari cabor dayung lewat nomor men's eight dan men's double sculls.

"Hasil ini di luar ekspektasi kami. Kami sudah latihan sangat keras, dan itu tidak sia-sia. Kami harus percaya diri dengan semua latihan yang kami jalani," kata Mutiara di Fuyang Water Sports Centre.


Adapun perak diberikan oleh Edgar Xavier Marvelo dari wushu. Edgar yang turun di kelas changquan sukses mendapatkan perak pertama bagi Indonesia di Asian Games 2023. Hal ini praktis mengulangi prestasinya dalam Asian Games 2018 dengan juga meraih medali perak.

Adapun medali emas dalam cabang tersebut diraih oleh atlet China, Sun Peiyuan, dengan torehan skor mencapai 9.840 poin. Sementara medali perunggu jatuh kepada atlet Makao, Song Chi Kuan, dengan skor 9.760 poin.

Baca Juga: Link Live Streaming Upacara Pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, Mulai Jam 19.00 WIB

Penampilan luar biasa Edgar sebagai peserta terakhir berhasil memukau para juri dengan serangkaian jurus dan aksi akrobatik selama satu setengah menit. 

Hal ini membuatnya berhasil mengumpulkan poin yang melebihi mayoritas pesaingnya.

Dengan meraih medali perak ini, Edgar mengukuhkan dirinya sebagai salah satu atlet wushu terkemuka dari Indonesia. 



Sumber : Antara, info.hangzhou2022.cn


BERITA LAINNYA



Close Ads x