Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Laga Persija vs Bali United: Thomas Doll Minta Pemain Fokus, Teco Pede Menang Rekor Pertemuan

Kompas.tv - 24 September 2023, 08:00 WIB
jelang-laga-persija-vs-bali-united-thomas-doll-minta-pemain-fokus-teco-pede-menang-rekor-pertemuan
Foto Arsip pelatih Persija Jakarta Thomas Doll. Pria asal Jerman ini minta pemain tetap fokus melawan Bali United yang akan dihadapi pada pekan ke-13 Liga 1 musim 2023-24 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (24/9/2023) malam. (Sumber: Kompas.tv /Rizky Ade Saputro)
Penulis : Rizky Ade Saputro | Editor : Gading Persada

JAKARTA,KOMPAS.TV - Pekan ke-13 Liga 1 musim 2023-2024 hari ini, Minggu (24/9/2023) akan menyajikan laga emosional saat Persija Jakarta vs Bali United di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, malam nanti. 

Pasalnya, bagi Persija, ada sosok Stefano 'Teco' Cugurra sebagai pelatih Bali United, yang pernah membawa Macan Kemayoran juara Liga 1 tahun 2018 silam. 

Menilik hasil pertemuan kedua tim, jelang laga Persija vs Bali United, skuad Laskar Tridatu (julukan Bali United-red) ternyata lebih unggul dibanding Persija.

Kendati demikian, tak membuat pasukan Thomas Doll pantang menyerah. Dengan berbekal kemenangan melawan Persik Kediri pekan lalu, membuat Marko Simic dan kolega memiliki rasa percaya diri dan motivasi tinggi.

Baca Juga: Upacara Pembukaan Asian Games 2022: Indonesia Curi Perhatian dengan Baju Adat Betawi dan Rote

Dalam konferensi pers jelang laga melawan Bali United, Thomas Doll menyebut kemenangan nanti yang menjadi target timnya diyakini bakal menambah percaya diri pemain dan memutus tren negatif Persija dalam lima laga tanpa kemenangan.

"Laga besok (malam nanti-red) melawan Bali United kami lebih fresh. Pasalnya, saya sempat liburkan pemain beberapa waktu lalu. Setelah mampu menang melawan Persik Kediri, hal ini menambah percaya diri pemain sekaligus kita putus tren negatif lima laga tidak meraih kemenangan. Saya harapkan para pemain fokus melawan Bali United," tegas pelatih asal Jerman tersebut, Jumat (24/9).

Persija juga mendapat angin segar karena Riko Simanjuntak kembali pulih usai cedera. Namun, Marko Simic harus menepi karena cedera paha yang didapatnya pada laga kontra Persik.

"Tentunya saya senang, mengingat Riko telah pulih dan kembali bersama tim. Meskipun di satu sisi juga ada Marko Simic yang di dera cedera bagian paha. Tapi masih ada pemain lain yang bisa bermain laga besok," jelas Doll.

Baca Juga: Walau Arema FC Kalah dari Persebaya, Fernando Valente Apresiasi Sikap Dewasa Bonek Mania

Sang pelatih juga menekankan kepada pemain untuk selalu fokus dan tidak membuat pelanggaran yang dapat merugikan tim dalam jumlah pemain.

"Saya selalu mengingat momen di mana kita dengan mudahnya kehilangan poin di laga kandang saat menghadapi Arema FC dan Persib Bandung. Saat pertandingan kedua tersebut, kami banyak melakukan kesalahan individu yang berujung dengan kartu merah. Itu sekali lagi jadi bahan pembelajaran kami untuk laga besok dan juga fokus untuk menghadapi laga melawan Bali United," papar mantan pelatih Borusia Dortmund itu.

Baca Juga: Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Utara, Laga Penentu Kelolosan Garuda di Asian Games 2022

Jelang menghadapi tuan rumah Persija, situasi serupa juga diterapkan Stefano Cugurra untuk mematangkan skuadnya di laga tandang kali ini. Meski dia menyebut untuk langkah awal adalah fokus memberikan recovery pemain agar tetap bugar.

“Kami baru datang dari Filipina (AFC Cup-red) dan bisa menang besar di sana, tentu ini menjadi modal buat pemain bisa percaya diri untuk melawan Persija Jakarta besok," sambung Teco.

"Fokus kami di-recovery untuk pemain sebelum melawan Persija yang memiliki jumlah poin sama dengan kami. Tentu pertandingan akan berlangsung menarik karena kedua tim ingin meraih poin penting di laga ini,”


Head to head Persija vs Bali United

Secara head to head pertemuan kedua tim, Bali United lebih unggul dibandingkan Persija dalam 22 kali pertemuan di semua ajang. Tim tamu menang atas Persija sebanyak 11 kali, seri enam kali dan lima kali menelan kekalahan.

Berikut 5 hasil pertemuan Persija vs Bali United

• (31/5/2019), Bali United 1-0 Persija Jakarta
• (19/9/2019), Persija Jakarta 0 vs 1 Bali United
• (6/3/2022), Bali United 2 vs 1 Persija Jakarta
• (23/7/2022), Bali United 1 vs 0 Persija Jakarta
• (15/1/2023), Persija Jakarta 3 vs 2 Bali United

Saat ini Bali United berada di peringkat 10 klasemen sementara mendapat poin yang sama dengan Persija yang berada di peringkat 11 mengemas 17 poin  sementara hingga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x