Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U17 Indonesia Tiba di Jerman untuk TC, Dijadwalkan Lakoni 6 Pertandingan Uji Coba

Kompas.tv - 18 September 2023, 17:53 WIB
timnas-u17-indonesia-tiba-di-jerman-untuk-tc-dijadwalkan-lakoni-6-pertandingan-uji-coba
Timnas U17 Indonesia telah tiba di Jerman guna menjalani pemusatan latihan (TC) jelang tampil di Piala Dunia U17 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Skuad Timnas U17 Indonesia telah tiba di Jerman, Senin (18/9/2023), dalam rangka menjalani pemusatan latihan (training camp/TC) untuk persiapan Piala Dunia U17 2023.

Selama di Jerman, Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan akan menggunakan fasilitas sepak bola yang dimiliki dua klub Bundesliga yaitu Borussia Dortmund dan Borussia Monchengladbach.

Rencananya, Timnas U17 Indonesia berada di Jerman hingga 23 Oktober 2023 dan akan menjalani enam pertandingan melawan berbagai tim usia muda di Bundesliga guna meningkatkan skill dan kesadaran taktikal.

Frank Wortmuth, mantan pemain Bundesliga yang saat ini berperan sebagai konsultan pelatih tim, akan menyertai tim selama pemusatan latihan untuk memberikan panduan serta mengawasi sesi latihan.

Program TC Timnas U17 Indonesia di Jerman ini terselenggara berkat kolaborasi antara Bundesliga Internasional dan PSSI.

Selain itu, pemusatan latihan bertujuan untuk memperkuat hubungan antara Liga Sepak Bola Jerman (DFL) dan PSSI, usai keduanya menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada Juni 2023.

"Bekerja sama erat dengan klub dan berbagai pemangku kepentingan kami, inisiatif ini selaras dengan komitmen kami untuk mengembangkan bakat sepak bola global dan berbagi praktik terbaik dari sepak bola Jerman,’’ kata Chief Marketing Officer Bundesliga Internasional Peer Naubert.

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap TC Timnas U17 Indonesia di Jerman bisa memberikan dampak besar kepada tim yang akan berlaga di Piala Dunia U17 2023.

Baca Juga: Timnas U17 Indonesia Berangkat TC ke Jerman, Apa Saja yang Harus Jadi Fokus Persiapan?

Lebih dari itu, Erick ingin pemain bisa berkembang lebih baik karena sudah mendapatkan pelatihan sepak bola di Jerman.

"Program pelatnas di Jerman akan menjadi bagian penting dalam persiapan tim menuju persaingan tinggi di level FIFA U-17 di mana ada negara-negara kuat di sepak bola dengan para pemain berbakat," kata Erick.

"Kami berterima kasih kepada komunitas Bundesliga serta kedua klub besar, yakni Borusia Muenchengladbach dan Dortmund atas keterlibatan yang tinggi dalam persiapan tim Merah Putih. Ini salah satu bentuk kolaborasi positif dalam mempererat hubungan antara Liga Sepak Bola Jerman (DFL) dan PSSI."

"Kami butuh dukungan dan bimbingan dari sepak bola Jerman sehingga sepak bola Indonesia bisa mengikuti kesuksesan dan kemajuan Jerman di olahraga yang sangat populer ini."

"Kami gembira karena tim U-17 Indonesia tak hanya akan mendapat pelatihan teknis, taktik, dan strategi, tetapi akan merasakan pula atmosfir kompetisi Bundesliga yang ketat," lanjutnya.

"Saya berharap program ini akan meninggalkan legacy (warisan, red) yang kuat bagi para pemain muda Indonesia karena telah menjadi bagian dari program akademi sepak bola muda Jerman yang telah melahirkan bintang-bintang sepak bola dunia," tutup Erick.

Piala Dunia U17 2023 yang akan dilaksanakan di Indonesia digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Timnas U17 Indonesia tergabung di Grup A dan akan bersaing dengan Ekuador, Panama, dan Maroko.

Baca Juga: Erick Thohir: Opening Ceremony Piala Dunia U17 2023 Harus Meriah dan Tak Terlupakan


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.