Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U23 Indonesia Lolos Piala Asia U23 2024, Jokowi: Ini Sejarah!

Kompas.tv - 13 September 2023, 07:56 WIB
timnas-u23-indonesia-lolos-piala-asia-u23-2024-jokowi-ini-sejarah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menyaksikan pertandingan Timnas U23 Indonesia vs Turkmenistan pada babak Kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023). (Sumber: BPMI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi prestasi Timnas U23 Indonesia yang berhasil mencatatkan sejarah lolos untuk pertama kalinya ke Piala Asia U23 2024.

Seperti yang diketahui, Garuda Muda memastikan diri lolos ke Piala Asia U23 di Qatar pada tahun 2024 setelah menjadi juara Grup K di babak kualifikasi.

Kemenangan 2-0 atas Turkmenistan di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023) malam, memastikan kelolosan Timnas U23 Indonesia ke Qatar, melengkapi kemenangan 9-0 atas Taiwan sebelumnya.

Dalam pertandingan semalam, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menyempatkan datang langsung ke stadion untuk memberikan dukungan kepada pasukan Shin Tae-yong ini.

Keduanya terlihat ikut bersorak ketika Timnas U23 Indonesia bisa mencetak dua gol ke gawang Turkmenistan lewat kaki Ivar Jenner dan sundulan dari Pratama Arhan.

Sesuai pertandingan, Jokowi pun mengapresiasi kemenangan yang diraih Marselino Ferdinan dan kawan-kawan yang sekaligus membuat Indonesia mencatatkan sejarah lolos untuk pertama kalinya di Piala Asia U23 2024.

"Saya datang bersama Pak Ketua PSSI, Pak Erick Thohir, untuk memberikan dukungan laga pada malam hari ini antara U23 kita, timnas kita dengan Turkmenistan dan laganya saya lihat sangat keras, saling menyerang, dan sudah kita ketahui hasilnya 2-0," kata Jokowi dikutip dari laman Presiden RI.

"Ini sejarah karena–saya diberi tahu tadi–sejak 2012 sampai sekarang kita belum pernah menang dengan Turkmenistan. Saya kira ini hadiah ulang tahunnya Pak Erick,” ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Kata Erick Thohir usai Timnas U23 Indonesia Lolos ke Piala Asia U23 2024

Setelah menonton langsung pertandingan Timnas U23 Indonesia, Jokowi menilai permainan yang ditunjukkan oleh anak asuh Shin Tae-yong sudah bagus. 

Presiden memuji kekompakan dan kerja sama antar lini Garuda Muda yang bisa mematikan pergerakan para pemain Turkmenistan.

“Saya kira tadi kita melihat semua lini saling mendukung dengan baik. Depan baik, tengahnya baik, belakangnya baik, saya kira itu yang kerja samanya saya lihat sudah saling ngerti dan semua bermain baik,” puji Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi berharap Timnas U23 Indonesia bisa mempersiapkan diri lebih baik jelang tampil di putaran final Piala Asia U23 2024 di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.


Jokowi yakin, Timnas U23 Indonesia bisa tampil lebih siap ketika berlaga di Qatar tahun depan.

“Ya ini kan masih agak panjang, di April ya sehingga persiapannya lebih panjang sehingga menurut saya kita akan ke sana dengan kondisi yang jauh lebih siap. Saya kira semuanya bermain baik,” tutur Presiden.

“Sekali lagi, masih panjang sampai di April 2024, harus terus menjaga agar kerja samanya makin baik dan passing-nya tidak ada yang salah ya,” pungkas Jokowi.

Selain bersama Ibu Iriana menonton pertandingan Timnas U23 Indonesia, Presiden Jokowi juga ditemani sejumlah pejabat lain seperti Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakoso. 

Baca Juga: Pratama Arhan Cetak Gol dan Selebrasi untuk Istri, Asnawi: Habis Nikah Makin Gacor!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x