Kompas TV olahraga sports

Pertama Kali dalam Sejarah, Felix Viktor Iberle Raih Medali Emas di Kejuaraan Dunia Renang Junior

Kompas.tv - 11 September 2023, 13:21 WIB
pertama-kali-dalam-sejarah-felix-viktor-iberle-raih-medali-emas-di-kejuaraan-dunia-renang-junior
Perenang Indonesia Felix Viktor Iberle saat melakukan selebrasi usai upacara penghargaan pemenang final renang nomor 50 meter gaya dada putra SEA Games 2023 di Aquatics Center, Morodok Techno National Stadium, Kamboja, Kamis (11/5/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/tom)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertama dalam sejarah dunia renang Indonesia, perenang berusia 18 tahun, Felix Viktor Iberle berhasil meraih medali emas pertama untuk Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Renang. 

Felix Viktor Iberle berhasil meraih medali emas melalui lomba renang gaya dada putra nomor 50 meter dalam  Kejuaraan Dunia Renang Junior 2023 di Netanya, Israel, Sabtu (9/9/2023) atau Minggu (10/9/2023) dini hari WIB.

Felix Viktor Iberle adalah satu-satunya perwakilan Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Renang Junior 2023. Ia mencatatkan sejarah dengan meraih medali emas. 

Situs World Aquatics menyebutkan bahwa Iberle adalah juara dunia renang pertama yang berasal dari Indonesia, baik di level junior maupun senior. 

Baca Juga: Dua Bocah Tenggelam saat Berenang di Kali BKT, Satu Ditemukan Tewas di Kedalaman 6 Meter

Situs World Aquatics menyebut Iberle adalah fenomena yang baru muncul di dunia dalam rentang empat bulan terakhir.

Ia adalah satu-satunya perenang Indonesia di kejuaraan ini.

Atlet berusia 18 tahun ini berenang dengan lengan dan kekuatan kaki yang kuat, bahkan kecepatannya yang tidak tertandingi di kolam renang.

Felix Viktor Iberle meraih medali emas dengan mengalahkan Jonas Gaur (Denmark) dan Watson Nguyen (Amerika Serikat) dalam babak final nomor 50 meter gaya dada Kejuaraan Dunia Renang Junior 2023.

Iberle menempati lintasan empat dan mencatatkan waktu 27,39 detik, lebih cepat dari Jonas Gaur (27,55 detik) dan Watson Nguyen (27,85 detik).

Prestasi luar biasa Felix Viktor Iberle juga dihiasi dengan pencapaian rekor pada babak penyisihan Kejuaraan Dunia Renang Junior 2023, di mana ia mencatat waktu 26,98 detik. 

Dengan catatan waktu itu, ia berhasil mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Nicolo Martinenghi dari Italia, yang mencatatkan waktu 27,02 detik pada tahun 2017. 

Baca Juga: Jelang Asian Games 2023, Timnas Renang Indonesia Perkuat Intensitas Latihan



Sumber : Kompas TV, world aquatics


BERITA LAINNYA



Close Ads x