Kompas TV olahraga sepak bola

Bek Tangguh Venezia Jay Idzes Segera Gabung Timnas Indonesia, Bukti Keseriusan Erick Thohir?

Kompas.tv - 7 September 2023, 12:50 WIB
bek-tangguh-venezia-jay-idzes-segera-gabung-timnas-indonesia-bukti-keseriusan-erick-thohir
Jay Idzes, pemain asal Belanda yang punya garis keturunan Indonesia saat sedang bertanding membela timnya. Idzes tengah menjalani proses naturalisasi sebagai WNI. (Sumber: Instagram)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bek tangguh klub Serie B Venezia, Jay Idzes bakal segera menjalani proses naturalisasi. Pemain kelahiran Belanda itu menjalani proses naturalisasi agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengungkapkan bahwa proses naturalisasi Idzes merupakan bukti keseriusan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Idzes didatangkan Venezia dari klub Belanda Go Ahead Eagles pada musim panas ini, dan sudah berlaga di empat pertandingan dengan I Lagunari.

Baca Juga: Resmi, PSSI Datangkan Jay Idzes Bek Asal Belanda untuk Perkuat Timnas Indonesia

Ia bisa dinaturalisasi karena memiliki garis keturunan Indonesia dari sang kakek.

Arya pun menegaskan dirinya yakin Jay bakal menjadi pemain dengan kualitas terbaik yang dinaturalisasi timnas Indonesia.

Ia mengatakan secara fisik dan catatan karirnya, Jay memiliki keunggulan dibandingkan pemain naturalisasi lainnya.

“Ini membuktikan pak Erick itu kalau memilih pemain betul-betul berkualitas, tidak main-main. Dia ingin yang diambil itu kelasnya Grade A, standar utama Liga Eropa,” tutur Arya, Rabu (6/9/2023).

Sedangkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir melihat bahwa dengan usia yang masih muda, Jay bisa semakin berkembang.

“Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan in sya Allah akan menambah kekuatan timnas kita,” kata Menteri BUMN itu.

Baca Juga: Cek Link Informasi Pembelian Tiket Piala Dunia U17 2023 untuk Menonton Laga Langsung di Indonesia

Profil Jay Idzes

Adapun Jay Idzes memulai karir sepak bolanya dengan bergabung bersama klub amatir di Belanda yakni SC Brabant di Mierlo.

Ia sudah dilirik oleh pencari bakat PSV Eindhoven pada usia 9 tahun, dan bergabung dengan akademi klub berjulukan Boeren itu selama lima tahun.


Ia kemudian bergabung dengan tim junior VVV Venlo pada 2014, sebelum kemudian bergabung dengan tim Eerste Divisie, FC Eindhoven.

Di klub itulah Jay menunjukkan pesonanya dan sempat bermain 54 kali bersama tim tetangga PSV tersebut, sebelum hijrah ke Go Ahead Eagles pada 2020.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x