Kompas TV olahraga sports

Usai FIBA World Cup 2023, Indonesia Arena bakal Jadi Tuan Rumah Duel UFC

Kompas.tv - 5 September 2023, 07:10 WIB
usai-fiba-world-cup-2023-indonesia-arena-bakal-jadi-tuan-rumah-duel-ufc
Penampakan Indonesia Arena di Senayan, Jakarta, saat peresmiannya pada Senin, 7 Agustus 2023. Indonesia Arena yang mampu menampung hingga 16.000 penonton, dibangun sejak 2021. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Arena bakal menjadi tuan rumah duel Ultimate Fighting Championship atau UFC usai keberhasilan menggelar pertandingan FIBA World Cup 2023.

Seperti yang diketahui, FIBA World Cup 2023 baru saja selesai digelar di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta. 

Setelah itu, berbagai ajang internasional lainnya bersiap untuk menggunakan venue dengan kapasitas 16.500 penonton ini.

Salah satu ajang kelas dunia yang berencana menggunakan Indonesia Arena adalah UFC, kejuaraan olahraga bela diri campuran. 

Sebelumnya, Senior Vice President UFC Kevin Chang dan Vice President Operations Leanne Chu telah melakukan peninjauan langsung ke Indonesia Arena bersama Menpora Dito Ariotedjo. Rencananya, pertandingan UFC bakal digelar pada 2024.

“Kemarin bisa dilihat, saya langsung menerima kunjungan dari vice president UFC Dunia. Ada dua yang datang dari vice president operasionalnya sama satu lagi vice president untuk wilayah. Jadi dia wilayah Asia Pasifik. Jadi ada dua,” kata Dito di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (4/9/2023), dikutip dari Tribun Sport.

“Ini pertama kali dari UFC global itu datang ke Indonesia dan mempertimbangkan Indonesia sebagai negara tempat mereka menyelenggarakan event-nya, rencananya di 2024,” ujarnya.

Baca Juga: Resmikan Gelanggang Indonesia Arena, Presiden Jokowi: Bisa untuk Berbagai Acara dan Konser Musik

Dito berharap pertandingan UFC tersebut bisa dilangsungkan sebelum pemilu yang dijadwalkan digelar Februari 2024.

Meski begitu, kepastian jadwal masih harus menunggu keputusan dari pihak UFC.

“Kalau kemarin sih saya minta sebelum pemilu, sebelum Februari. Tapi menurut mereka, mereka biasanya satu tahun persiapan. Jadi sebenarnya di bulan September (2024). Tapi saya minta ke mereka kalau bisa lebih cepat lebih baik,” papar Menpora.

Lebih lanjut, politisi dari Partai Golkar tersebut mengungkapkan, perwakilan UFC yang datang ke Indonesia sangat terkesan dengan Indonesia Arena. Bahkan, mereka sempat membandingkannya dengan venue di Singapura.

“Mereka bilang sangat baik venue-nya. Mereka takjub dan senang sekali karena mereka membandingkan dengan Singapura,” tuturnya.

Selain UFC, kata Menpora, berbagai kejuaraan lainnya seperti voli, bulu tangkis hingga futsal juga bakal digelar di Indonesia Arena.

“Banyak (kejuaraan di Indonesia Arena, -red) tidak cuma UFC juga, voli juga persiapan mempersiapkan tuan rumah 2025. Tapi kalau gymnastic bukan di Indonesia Arena tapi mereka sedang mempersiapkan juga,” jelas pria 32 tahun tersebut.

“Iya, futsal dan badminton juga. Banyaklah pokoknya,” pungkasnya. 

Baca Juga: Jokowi Resmikan Indonesia Arena: Saya Senang Kalau Dipakai Olahraga, Tapi Konser juga Penting


 



Sumber : Tribun Sport


BERITA LAINNYA



Close Ads x