Kompas TV olahraga sepak bola

Enggan Berpolemik di Dunia Sepak Bola, Erick Thohir: Kita Mending Cari Solusi

Kompas.tv - 1 September 2023, 18:38 WIB
enggan-berpolemik-di-dunia-sepak-bola-erick-thohir-kita-mending-cari-solusi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbicara dengan wartawan di Jakarta, Senin (17/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menganggap sepak bola Indonesia tidak akan pernah maju apabila masih berkutat dengan polemik-polemik yang tidak menghasilkan solusi. 

Seperti diketahui, jelang gelaran Piala AFF U23 2023 lalu, terjadi polemik pemanggilan pemain ke Timnas U23 Indonesia. 

Kala itu, sejumlah klub keberatan para pemainnya dipanggil ke skuad Timnas U23, karena Piala AFF U23 bukanlah kompetisi resmi FIFA. 

“Daripada kita berpolemik, kita mending cari solusi," ujar Erick, Rabu (30/08/2023) malam dikutip dari Tribunnews. 

Lebih lanjut, Erick mengaku pihaknya sudah mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah soal pemanggilan pemain ke Timnas untuk laga-laga non FIFA. 

Solusinya dengan memutar Elite Pro Academy yang akan menjadi wadah kompetisi pemain muda. Dari kompetisi itulah nanti Timnas akan mendapat tambahan suplai pemain.

Menurut Erick, kendala utama bukan hanya soal izin dari klub, tetapi juga stok pemain yang tersedia. 

“Kita tentu tetap butuh disuport dari klub dan liga untuk menebalkan jumlah pemain timnas kita," kata Erick melanjutkan. 

"Tapi juga September ini kita akan mulai elite pro academy. Itu positif untuk semakin menebalkan stok pemain."

Baca Juga: Kalah Tipis dari Korea Selatan, Erick Thohir Sebut Timnas U17 Alami Perkembangan Positif

Lain itu, berjalannya Elite Pro Academy ini diharapkan bisa mengisi kekosongan jenjang di tim nasional. Hal ini bisa terjadi apabila seluruh jenjang Timnas secara serentak menggelar kegiatan. 

Sebagai contoh, pada September ini, tiga jenjang timnas; U17, U23, hingga Timnas Senior sama-sama mengadakan kegiatan dan laga uji coba.

"Kenapa membangun tim nasional itu tidak bisa sepotong-sepotong Kita harus ada kelompok umur, terus meningkat dan ini program jangka panjang," kata Erick Thohir.


"Karena terbukti, contoh ketika kita mengadakan pertandingan FIFA Match Day September ini, ada tentu buat senior team, ada juga buat U-23 AFC, skuad pemainnya jadi tipis. Nah artinya apa? Itulah tugas kami di PSSI untuk menebalkan stok pemain baik lewat liga, elite pro academy, atau TC khusus," ujarnya

Baca Juga: Kata Erick Thohir soal Pemanggilan 3 Pemain Timnas U23 yang Masih Kena Sanksi AFC

Hal yang sama juga ditekankan Erick Thohir terkait polemik Stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang menjadi salah satu venue Piala Dunia U17 2023. 

"Bukan waktunya kita berpolemik. Yang penting kita sebagai tuan rumah harus mempersiapkan ini dengan baik. Saat ini sesuai rekomendasi FIFA pergantian rumput dan pembukaan akses ke stadion JIS sedang dilakukan," kata eks Presiden Inter Milan.




Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x