Kompas TV olahraga sepak bola

Buntut Aksi Cium Pemain, Presiden RFEF Luis Rubiales Disanksi FIFA 90 Hari

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 11:03 WIB
buntut-aksi-cium-pemain-presiden-rfef-luis-rubiales-disanksi-fifa-90-hari
Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales dipaksa mundur setelah mencium bibir pemain timnas perempuan Spanyol. (Sumber: AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JENEWA, KOMPAS.TV - FIFA untuk sementara melarang Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola selama 90 hari.

Sanksi ini dijatuhkan menyusul aksi ciumannya terhadap pemain Timnas Wanita Spanyol, Jenni Hermoso, setelah pertandingan final Piala Dunia Wanita beberapa waktu lalu.

Usai tindakannya itu, Rubiales pun dituntut untuk mundur dari jabatannya. FIFA pun juga sudah melakukan langkah untuk membuka proses indisipliner pada Kamis (24/8/2023).

Akan tetapi pada Jumat (25/8/2023), Rubiales menolak untuk mengundurkan diri dengan mengatakan bahwa ciuman itu dilakukan “bersama dan dengan persetujuan.”

Jenni Hermoso lantas menjawab dan membantah klaim tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari yang sama, mengatakan bahwa dia "merasa rentan dan menjadi korban agresi, tindakan impulsif dan seksis yang tidak pada tempatnya dan tanpa persetujuan atas nama saya."

Setelah mengamati kasus ini, dilansir dari ESPN, Minggu (27/8), FIFA pun akhirnya memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Rubiales.

Baca Juga: Pemain Timnas Perempuan Spanyol Marah Bibirnya Dicium Presiden Federasi Sepak Bola, Boikot Dilakukan

"Ketua Komite Disiplin FIFA, Jorge Ivan Palacio (Kolombia), menggunakan wewenang yang diberikan oleh pasal 51 Kode Disiplin FIFA (FDC), hari ini memutuskan untuk menangguhkan sementara waktu Luis Rubiales dari seluruh kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola di tingkat nasional dan internasional.

“Skors ini, yang akan berlaku mulai hari ini, berlaku untuk periode awal selama 90 hari, sambil menunggu proses disipliner yang dibuka terhadap Tuan Luis Rubiales pada Kamis, 24 Agustus."

"Demikian pula, Ketua Komite Disiplin FIFA dan untuk menjaga, antara lain, hak-hak dasar pemain tim nasiona Jennifer Hermoso dan ketertiban proses disipliner di hadapan badan disipliner ini, telah mengeluarkan dua arahan tambahan. (pasal 7 FDC) yang memerintahkan Luis Rubiales untuk menahan diri, melalui dirinya sendiri atau pihak ketiga, untuk menghubungi atau mencoba menghubungi pemain profesional tim sepak bola nasional Spanyol Nona Jennifer Hermoso atau lingkungan dekatnya."

"Demikian pula RFEF dan para pejabat atau pegawainya, baik langsung maupun melalui pihak ketiga, diperintahkan untuk tidak menghubungi pemain profesional timnas Spanyol Nona Jennifer Hermoso dan lingkungan dekatnya," bunyi pernyataan FIFA

Terkait masalah ini, UEFA belum memberikan tanggapannya. Sementara Rubiales adalah salah satu Wakil Presiden UEFA dan juga Komite Eksekutif UEFA.

Kontroversi ini terjadi usai Timnas Wanita Spanyol menjadi juara di ajang Piala Dunia Wanita 2023 di Sydney.

Saat penyerahan medali, Rubiales mencium Hermoso di bibirnya. Selain itu, terlihat asyik memeluk anggota timnas Spanyol lainnya dan mencium pipi mereka.

Baca Juga: Bersejarah! Spanyol Juara Piala Dunia Perempuan 2023 usai Kalahkan Inggris 1-0, Gelar Perdana



Sumber : ESPN


BERITA LAINNYA



Close Ads x