Kompas TV olahraga sepak bola

Italia dan Turki Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama EURO 2032

Kompas.tv - 28 Juli 2023, 20:30 WIB
italia-dan-turki-ajukan-diri-jadi-tuan-rumah-bersama-euro-2032
Timnas Italia menjadi kampiun Euro 2020. (Sumber: Twitter @EURO2020)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

ROMA, KOMPAS.TV - Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) dan Asosiasi Sepak Bola Turki (TFF) telah mengajukan bidding bersama untuk menjadi tuan rumah EURO 2032.

Dilansir Football Italia, Jumat (28/7/2023), Italia dan Turki berharap untuk menjadi tuan rumah bersama EURO 2032 dan telah mengirimkan permohonan resmi kepada UEFA.

FIGC sebelumnya sempat meluncurkan tawaran mereka untuk menjadi tuan rumah EURO 2032 pada April lalu, di mana kota-kota seperti Milan, Turin, Verona, Genoa, Bologna, Florence, Roma, Napoli, Bari, dan Cagliari akan jadi venue pertandingan.

Dalam pernyataan hari ini, FIGC menyatakan tempat-tempat pertandingan akan diumumkan lebih lanjut jika UEFA menerima tawaran bersama mereka dengan Turki.

"Ini adalah perubahan sejarah yang bertujuan untuk meningkatkan sepak bola di tingkat benua," kata Presiden FIGC Gabriele Gravina.

"Selain mendekatkan dua realitas konsolidasi dalam panorama sepak bola Eropa, proyek ini meningkatkan nilai-nilai persahabatan dan kerja sama, melibatkan dua dunia dengan akar sejarah yang dalam, yang selama ribuan tahun telah saling mempengaruhi dan secara substansial mempengaruhi sejarah Eropa Mediterania."

"Sepak bola ingin menjadi jembatan ideal untuk berbagi hasrat dan emosi terkait olahraga," ujarnya.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Bukan Akhir, Ternyata Cristiano Ronaldo Masih Ingin Main di Euro 2024

UEFA yang sudah menerima pengajuan dari Italia dan Turki lantas mengeluarkan pernyataan yang berbunyi bahwa mereka akan bekerja sama dengan kedua negara untuk memenuhi persyaratan menjadi tuan rumah.

"UEFA akan bekerja sama dengan FIGC dan TFF untuk memastikan bahwa dokumen yang akan diajukan untuk tawaran bersama mereka memenuhi persyaratan penawaran," bunyi pernyataan UEFA.

"Jika tawaran bersama tersebut memenuhi persyaratan tersebut, maka akan diajukan ke Komite Eksekutif UEFA dalam pertemuan yang dijadwalkan pada tanggal 10 Oktober, di mana penunjukan untuk tahun 2028 dan 2032 akan dilakukan."

"Keputusan tentang tempat pertandingan dan jadwal pertandingan akan dibuat pada tahap selanjutnya," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Sementara dilansir BBC, pengajuan diri Italia dan Turki menjadi tuan rumah EURO 2032 semakin membuka peluang Inggris dan Republik Irlandia untuk jadi tuan rumah EURO 2028.

Sebelum bergabung bersama Italia, Turki sempat mengajukan diri sebagai tuan rumah tunggal EURO 2028.

Turki menjadi tuan rumah final Liga Champions antara Manchester City dan Inter Milan di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, pada Juni lalu.

Tetapi turnamen internasional besar sebelumnya belum pernah diadakan di negara tersebut.

Sedangkan sebagai juara bertahan Eropa, Italia telah menjadi tuan rumah Euro pada tahun 1968 dan 1980, dan Stadio Olimpico di Roma juga digunakan sebagai salah satu lokasi pertandingan pada Euro 2020. 

Baca Juga: Hukuman Diperpanjang UEFA, Rusia Terancam Tak Bisa Ikut Euro 2024


 



Sumber : Football Italia/BBC Sport


BERITA LAINNYA



Close Ads x