Kompas TV olahraga sepak bola

Ada Kualifikasi Piala Asia U23, Timnas Indonesia Hanya Lawan Turkmenistan di FIFA Matchday

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 18:39 WIB
ada-kualifikasi-piala-asia-u23-timnas-indonesia-hanya-lawan-turkmenistan-di-fifa-matchday
Asnawi Mangkualam Bahar berduel dengan Alejandro Garnacho di laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina, Senin (19/6/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia hanya bakal melakoni satu pertandingan di FIFA Matchday bulan September mendatang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menjelaskan, skuad Garuda terpaksa bertanding sekali karena ada event Kualifikasi Piala Asia U23 di Kota Solo, Jawa Tengah.

Mengingat Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong saat ini banyak dihuni pemain muda, yang berkemungkinan besar juga bakal dipanggil untuk masuk skuad Timnas U23 di babak kualifikasi tersebut.

"Tentu kita tidak bisa mengisi FIFA Matchday secara seperti sebelum-sebelumnya di mana bisa mengisi dua pertandingan," kata Erick dalam konferensi persnya, Kamis (20/7/2023).

"Karena kita mesti ingat bahwa kita ada tuan tumah AFC U23 di Solo yaitu tanggal 9 dan 12 (September) kita akan bertanding dan komposisi Timnas pun banyak usia muda di bawah U23, seperti yang kita lihat lawan Argentina," jelasnya.

Dengan begitu, satu-satunya tim yang bakal menjadi lawan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan adalah Turkmenistan.

Erick memastikan laga Timnas Indonesia vs Turkmenistan akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 8 September 2023.

Baca Juga: Pemain dan Ofisial Timnas Indonesia Disanksi AFC Buntut Ricuh Final SEA Games 2023, Ini Kata PSSI

"Yang artinya kita hanya akan mengisi satu pertandingan yaitu tanggal 8 (September) lawan Turkmenistan di Gelora Bung Tomo, Surabaya," ujarnya.

Sebelumnya, pada FIFA Matchday Maret 2023, Turkmenistan sempat berhadapan dengan Malaysia. Dalam pertandingan yang berlangsung di Johor pada 23 Maret lalu, Turkmenistan mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 0-1.

Kemudian, pada FIFA Matchday Juni, Turkmenistan mengalami hasil imbang melawan Tajikistan, serta mengalami kekalahan dari Uzbekistan dan Oman dalam ajang CAFA Nations Cup 2023.

Sementara Timnas Indonesia melakukan dua laga uji coba melawan Palestina dan Timnas Argentina pada FIFA Matchday Juni.

Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah untuk kualifikasi Piala Asia U23 2023 Grup K yang akan berlangsung pada 6-12 September di Stadion Manahan Solo. 

Timnas Indonesia U23 dijadwalkan untuk bermain melawan China Taipei dan Turkmenistan dalam ajang tersebut demi memperebutkan satu tiket lolos ke putaran final Piala Asia U23 2024.

Baca Juga: PSSI Tugaskan Shin Tae-yong Pegang Timnas Indonesia U23 dan Senior, Indra Sjafri U20 dan Asian Games


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x