Kompas TV olahraga badminton

Jadi Juara di Kejuaraan Asia Junior 2023, Mutiara Ayu: Seperti Mimpi!

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 18:30 WIB
jadi-juara-di-kejuaraan-asia-junior-2023-mutiara-ayu-seperti-mimpi
Pebulu tangkis Mutiara Ayu Puspitasari sukses meraih gelar juara tunggal putri di ajang Kejuaraan Asia Junior 2023, Minggu (16/7/2023). (Sumber: PBSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pebulu tangkis Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari, mengukir sejarah setelah meraih gelar juara tunggal putri di Kejuaraan Asia Junior 2023.

Pemain kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 17 Mei 2006 itu naik podium tertinggi seusai mengatasi Kim Min Ji dari Korea Selatan, dengan skor 21-11, 21-17, dalam laga puncak di GOR Amongraga, Yogyakarta, Minggu (16/7/2023) petang.

Mutiara menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama yang menjuarai nomor tunggal putri di Kejuaraan Asia Junior yang digelar sejak 1997 silam.

Seusai pertandingan, Mutiara mengaku tidak menyangka bisa meraih gelar juara.

“Senang rasanya bisa meraih kemenangan dua gim langsung dan juara di turnamen ini. Rasanya sangat luar biasa. Hal ini di luar dugaan mengingat hasilnya seperti apa yang diharapkan. Dari turnamen ini, saya jadi tahu jika mau dan berusaha, saya yakin bisa,” ungkapnya.

Baca Juga: Jadwal & Daftar Pemain Indonesia di Korea Open 2023: Ginting dan Jojo Absen, Ganda Putri Tanpa Wakil

“Saya sendiri merasa tidak menyangka meraih gelar juara ini. Hasil ini seperti mimpi rasanya. Terima kasih kepada publik Yogyakarta yang sudah memberikan dukungan buat saya."

"Gelar juara ini saya persembahkan buat keluarga yang sudah hadir, pelatih, PBSI, dan semua orang Indonesia yang memberikan dukungan buat saya,” tambah Mutiara.

Hasil ini terbilang istimewa karena sebelumnya Mutiara meraih gelar juara pada turnamen Indonesia International Series 2023 yang juga digelar di GOR Amongraga, Yogyakarta.

Saat itu, Mutiara menjadi jawara seusai mengalahkan seniornya, Stephanie Widjaja, lewat pertarungan rubber game dengan skor 15-21, 21-10, 22-20.

“Hasil ini seperti dejavu buat saya. Terima kasih buat dukungan publik Yogyakarta. Senang mendapat antusiasme yang sangat baik dari orang-orang di sini,” aku Mutiara.

Terkait laga final Kejuaraan Asia Junior 2023, ia menilai lawannya, Kim Min Ji, bermain tidak lepas karena merasa tegang.

“Pada laga ini saya menilai lawan terbebani dan bermain nervous. Hal itu sejatinya juga saya alami di laga ini mengingat saya juga punya beban yang sama. Sekali lagi rasanya senang bisa menjadi juara,” pungkas Mutiara.

Dia berharap performanya ke depan bisa stabil apalagi akan bertanding di level yang lebih tinggi yakni Kejuaraan Dunia Junior 2023 yang berlangsung 24 September hingga 8 Oktober di Amerika Serikat.

“Saya mengincar gelar juara di BWF World Junior Championships 2023 setelah ini. Gelar juara di sini menjadi modal berharga buat saya untuk mengarungi turnamen Kejuaraan Dunia,” tutur Mutiara.

“Saya sendiri juga masih punya satu tahun lagi di usia saya untuk meraih gelar juara Badminton Asia Junior Championships. Sebisa mungkin saya mau fokus satu-satu terlebih dahulu sebelum menatap turnamen berikutnya,” pungkasnya, dikutip dari laman resmi PBSI.

Baca Juga: Rekap Hasil Final Kejuaraan Asia Junior 2023: Mutiara Ayu Puspitasari Juara!


 



Sumber : Kompas TV, PBSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x