Kompas TV olahraga sports

Bali Mundur Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023, ANOC Kecewa Berat

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 06:30 WIB
bali-mundur-jadi-tuan-rumah-world-beach-games-2023-anoc-kecewa-berat
World Beach Games 2023 Bali. (Sumber: Dok. ANOC)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar mengejutkan datang dari perhelatan World Beach Games 2023 yang rencananya akan berlangsung di Bali, Indonesia mulai bulan Agustus mendatang. 

Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) mendapatkan kabar bahwa panitia lokal ANOC World Beach Games 2023 dan Rapat Umum ANOC 2023 di Bali mencabut komitmen menjadi tuan rumah dua kegiatan tersebut.

Lantaran waktu perhelatan yang sudah dekat, ANOC tidak bisa mencari tuan rumah alternatif, sehinggaWorld Beach Games 2023 pun terpaksa dibatalkan.

"Bali mundur dari komitmen menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023," tulis pernyataan resmi ANOC di akun Instagram resminya, Selasa (4/7/2023).

"Dengan sangat terkejut dan sangat kecewa ANOC mengetahui bahwa Panitia Penyelenggara Lokal (LOC) Bali 2023 telah menarik diri dari komitmennya untuk menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games dan Majelis Umum ANOC pada Agustus 2023."

Baca Juga: ANOC World Beach Games Bali 2023 Batal, Anggaran Pemerintah Disebut Tidak Cair

"Dengan Olimpiade dijadwalkan berlangsung dalam satu bulan, keputusan pada pemberitahuan yang terlambat tersebut mencegah ANOC untuk dapat menemukan tuan rumah alternatif sehingga tidak ada pilihan selain membatalkan Olimpiade edisi tahun ini di Bali pada bulan Agustus serta Majelis Umum ANOC."


Melansir Kompas.id, panitia lokal menyatakan keputusan ini diambil lantaran tidak adanya kepastian anggaran dari pemerintah untuk menyelenggarakan event olahraga multicabang ini. 

Kendati demikian, ANOC sejatinya berusaha meyakinkan panitia lokal bahwa solusi bisa ditemukan dan ajang olahraga ini tetap bisa dilangsungkan sesuai rencana, 5-12 Agustus 2023 di Bali. 

ANOC dan panitia lokal rutin bertemu dalam rapat koordinasi mingguan. Pada rapat termutakhir yang terjadi pekan lalu, panitia lokal tidak menunjukkan adanya masalah yang pada akhirnya menghasilkan keputusan penarikan komitmen. 

Baca Juga: Respons I Wayan Koster soal Kelanjutan Kontingen Israel di ANOC World Beach Games 2023 Bali

ANOC kemudian menyampaikan permohonan maaf kepada atlet, fans, federasi-federasi internasional, dan komite-komite olimpiade terkait pembatalan ini.

Pasalnya, keputusan panitia lokal untuk mundur sebagai tuan rumah, menyebabkan atlet dari 100 NOC batal untuk bertanding

 

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x