Kompas TV olahraga sepak bola

Polemik JIS Jadi Venue Piala Dunia U17 2023, PSSI: Kami Tak Pernah Menyebut Tidak Layak

Kompas.tv - 2 Juli 2023, 15:07 WIB
polemik-jis-jadi-venue-piala-dunia-u17-2023-pssi-kami-tak-pernah-menyebut-tidak-layak
Situasi di area Jakarta International Stadium atau JIS, Jakarta Utara, lokasi konser Dewa 19, Sabtu (4/2/2023). (Sumber: Kompas.com/Revi C Rantung)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polemik Jakarta International Stadium atau JIS menjadi venue Piala Dunia U17 2023 masih berlanjut. PSSI mengaku tidak pernah menyebut JIS tidak layak sebagai venue kejuaraan sepak bola tersebut.

Stadion JIS disebut bakal digunakan sebagai venue Piala Dunia U17 2023, setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) diragukan akan bisa digunakan.

Pasalnya, SUGBK bakal digunakan untuk konser Coldplay pada November mendatang, bersamaan dengan Piala Dunia U17 2023.

Meski begitu, penggunaan JIS sendiri menimbulkan pro dan kontra.

Baca Juga: Timnas Indonesia Diledek Media Vietnam, Bakal Mainkan 11 Pemain Naturalisasi Eropa di Piala Asia?

JIS disebut tak sesuai dengan standar FIFA, sehingga dibutuhkan renovasi jika ingin dipakai sebagai venue. Tapi sejumlah kalangan menyebut penolakan terhadap JIS merupakan bentuk politisasi.

PSSI pun buka suara terkait polemik mengenai layak atau tidaknya JIS menjadi venue turnamen tersebut.

“PSSI tidak pernah menyebutkan tidak layak (JIS sebagai venue), tapi masih diperlukan adanya penyempurnaan fasilitas, akses dan sirkulasi tim ofisial,” ujar Head Infrastructure Safety Security PSSI Adi Nugroho kepada Kompas TV, Minggu (2/7/2023).

Ia mengungkapkan, hal itu diketahui setelah melakukan survei lapangan bersama Jakpro selaku pengelola JIS, dan pewakilan Persija yang berencana menggunakan stadion tersebut pada September 2022 lalu.

“Saat selesai dilakukan survei lapangan bersama memang masih ada sejumlah aspek yang harus disempurnakan agar JIS bisa digunakan secara maksimal sebagai venue turnamen resmi sepak bola, dengan kehadiran penonton sesuai kapasitas yang diizinkan pihak keamanan,” tambahnya.

Terkait pro dan kontra JIS, Adi pun menilai sebaiknya tidak dihubungkan dengan masalah politik.

“Karena pada dasarnya kami (PSSI dan Jakpro) terus berkomunikasi dalam rangka penyempurnaan, agar penyelenggaraan sepak bola khususnya di JIS dapat berjalan lancar dan aman seperti diharapkan Ketua Umum PSSI,” katanya.

Baca Juga: Dinilai Tak Layak Pimpin Timnas U17 di Piala Dunia U-17, Bima Sakti: Saya Tidak Baper

Gelaran Piala Dunia U17 2023 akan diselenggarakan di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Sedangkan konser Coldplay diselenggarakan pada 15 November sehingga membuat SUGBK amat mungkin tak bisa digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U17.

Presiden Joko Widodo sendiri mengusulkan JIS digunakan sebagai venue Piala Dunia U17.

Presiden Jokowi pun ingin stadion tersebut direnovasi sehingga bisa digunakan sebagai venue turnamen sepak bola antar-negara level tertinggi di tingkat usia 17 tahun itu.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x