Kompas TV olahraga sepak bola

Renovasi JIS untuk Venue Piala Dunia U17 2023, Menpora Sebut Biaya dari Pemprov DKI

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 17:10 WIB
renovasi-jis-untuk-venue-piala-dunia-u17-2023-menpora-sebut-biaya-dari-pemprov-dki
Jakarta International Stadium atau JIS merupakan salah satu aset Pemprov DKI yang dikelola oleh PT Jakpro. (Sumber: Kompas.tv/Antara)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut biaya untuk renovasi Jakarta International Stadium (JIS) yang rencananya dipakai sebagai venue Piala Dunia U17 2023, berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Kalau JIS sementara dari DKI. Tinggal kita asistensi teknisnya. Kira-kira yang pasti kita ingin stadion di Indonesia bisa dimaksimalkan kegiatan di sana," kata Dito di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (29/6/2023), dikutip dari Tribunnews.com.

JIS rencananya akan dijadikan venue untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U17 2023 karena jadwal penyelenggaraan turnamen usia muda FIFA itu bentrok dengan konser Coldplay yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Menurut jadwal FIFA, Piala Dunia U17 2023 digelar pada 10 November hingga 2 Desember, sedangkan konser Coldplay akan dipanggungkan pada 15 November.

Dengan situasi tersebut, JIS pun menjadi opsi untuk menggelar pertandingan di Jakarta. Sayangnya, stadion berkapasitas 82.000 penonton itu masih memiliki beberapa kekurangan.

Maka dari itu, diperlukan perbaikan di sejumlah titik agar sesuai dengan standard FIFA.

Baca Juga: Pembenahan JIS, Pengganti Stadion GBK untuk Piala Dunia U-17

"Ini sebenarnya bukan renovasi ya. Jadi kan ada catatan terkait JIS seperti akses timur dan juga ini kita akan mencari kepastian lokasi untuk opsi parkir dan karena kereta dan stasiun belum jadi," jelas Menpora Dito.

"Nanti kita harus cari solusinya juga jika JIS digunakan buat event," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dito mengatakan Pemprov DKI Jakarta melalui Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sudah memberikan respons mengenai perbaikan JIS.

"Nah ini secepatnya sedang Pemprov DKI, Pak Gubernur Heru sudah merespons katanya akan segera memperbaiki," ungkap Dito.

Dia menambahkan, dirinya dan Heru bakal meninjau JIS pada pekan depan guna mengetahui apa saja hal yang perlu direnovasi dari JIS.

Seperti yang diketahui, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 pada Jumat (23/6/2023) lalu.

Indonesia dipilih untuk menggantikan Peru yang dibatalkan sebagai tuan rumah karena masalah kesiapan infrastruktur.

Indonesia dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 setelah sebelumnya batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 pada Mei lalu. 

Baca Juga: PJ Gubernur DKI Segera Koordinasi dengan PSSI soal JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17


 




Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x