Kompas TV olahraga sepak bola

Hanya Kebobolan 2 Gol dari Argentina, Jokowi Optimis Timnas Indonesia Bisa Bersaing dengan Dunia

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 10:02 WIB
hanya-kebobolan-2-gol-dari-argentina-jokowi-optimis-timnas-indonesia-bisa-bersaing-dengan-dunia
Presiden Jokowi dalam pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/06/2023). (Sumber: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Timnas Indonesia meski harus menerima kekalahan 0-2 dari juara dunia Argentina dalam pertandingan FIFA Match Day di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam.

Jokowi berpendapat penampilan Timnas Indonesia yang ditunjukkan oleh Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan mampu memberikan perlawanan yang signifikan.

Sebagai Negara yang berada di peringkat 149 berbanding Argentina di peringkat pertama, Jokowi menilai Indonesia berhasil menunjukkan perlawanan kuat.

"Harus kita lihat lho ya, Argentina itu ranking pertama dan kita di ranking 149, tapi bisa mengimbangi. Mengimbangi meskipun kita kebobolan dua, tapi saya lihat bisa mengimbangi," ujar Jokowi dikutip dari Antara, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga: Kalah 2-0 dari Argentina, Penonton Tetap Bangga Atas Permainan Indonesia!

Presiden berharap, pertandingan semacam ini dapat memicu transformasi dalam sepak bola Indonesia.

Jokowi menekankan bahwa salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memperoleh pengalaman dan pengetahuan dari pertandingan melawan tim-tim yang berperingkat lebih tinggi.

Namun, Jokowi tak berhenti tidak memuji perlawanan Timnas Indonesia ketika menghadapi Argentina. 

"Kemarin dengan Palestina itu di ranking 93 kita bisa menahan 0-0. Kemudian ini Argentina, sekali lagi ranking pertama, kita 149, masih hanya kebobolan dua gol, luar biasa," ujarnya.

Baca Juga: Meski Kalah 2-0 dari Argentina, Shin Tae-yong Tetap Puji Asnawi Cs: Pertahanan Cukup Baik

Pertandingan melawan Argentina, menurut Presiden, adalah sebuah pelajaran berharga bagi Timnas Garuda.


 

"Karena kita lihat di awal-awal tadi agak nervous, grogi mentalnya masih (rendah) tapi di babak kedua luar biasa, bisa mengimbangi, sebagai pengalaman juga sebagai evaluasi bagi timnas kita," kata Jokowi.

Indonesia harus merasakan pahitnya kekalahan 0-2 dari Argentina, setelah gawang yang dijaga oleh Ernando Ari berhasil ditembus oleh gol Leandro Paredes dan sundulan dari Cristian Romero.

Pertandingan ini menandai penutupan jadwal FIFA Match Day bagi timnas Indonesia di bulan Juni, setelah sebelumnya bermain imbang tanpa gol melawan Palestina.

Baca Juga: Usai Indonesia vs Argentina, Erick Thohir: Sepak Bola Kita Bangun dari Tidur



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x