Kompas TV olahraga sports

Media Vietnam Sebut Indonesia Mainkan Trik Unik di AVC Challenge Cup 2023 yang Rugikan Tim Lawan

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 15:06 WIB
media-vietnam-sebut-indonesia-mainkan-trik-unik-di-avc-challenge-cup-2023-yang-rugikan-tim-lawan
Middle blocker timnas voli putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadilah (tengah), berjibaku mengambil bola dalam laga penyisihan Grup A kejuaraan AVC Challenge Cup for Women 2023 melawan Makau di GOR Tridharma, Petrokimia Gresik, Gresik, Jawa Timur, Minggu (18/6/2023). Indonesia menang 3-0 (25-7, 25-18, 25-8). (Sumber: ANTARA/Rizal Hanafi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

GRESIK, KOMPAS.TV - Media Vietnam, Webthethao, menyebut Indonesia memainkan trik unik dalam memperlakukan tim-tim tamu pada kejuaraan bola voli putri Asia, AVC Challenge Cup 2023, yang digelar di Gresik, Jawa Timur.

Webthethao menyoroti letak penginapan bagi tim-tim peserta yang disebut jauh dari venue GOR Tri Dharma, Gresik.

Media itu menyebut panitia menempatkan seluruh tim tamu di Novotel Hotel di Surabaya yang jaraknya 33 km dari GOR Tri Dharma. Meski standar penginapan dinilai sangat bagus, namun mereka menyayangkan jarak antara hotel dan venue yang dianggap jauh.

Sedangkan, kata Webthethao, Timnas Indonesia menginap di lokasi yang hanya berjarak kurang dari 3 km dari venue.

Media Vietnam tersebut menyebut hal itu sebagai keuntungan besar bagi tim tuan rumah karena sepuluh tim lainnya harus melakukan perjalanan jauh untuk mencapai GOR Tri Dharma.

"Masalah ini sangat mempengaruhi tim-tim dan membuat banyak delegasi angkat bicara," tulis Webthethao, Minggu (18/6/2023).

Baca Juga: AVC Challenge Cup 2023: Timnas Voli Putri Indonesia Menang 3-0 atas Makau

Webthethao melaporkan, pada sesi latihan pertama Timnas Vietnam pada Sabtu (17/6/2023), pelatih Nguyen Tuan Kiet dan skuadnya membutuhkan waktu lebih dari tiga jam bolak-balik dari hotel ke venue.

Banyak pemain Vietnam, kata media tersebut, mengalami mabuk darat karena perjalanan yang panjang.

"Para pemain kami belum mencapai kembali form mereka karena kami belum terbiasa dengan jarak yang sangat sulit ini, kami harus berangkat hampir empat jam sebelum waktu pertandingan," ungkap pelatih Nguyen Tuan Kiet, seusai pertandingan melawan Mongolia, Minggu (18/6/2023).

"Kalau ada pemain yang baru tiba di lapangan dan muntah, mereka tidak bisa berada dalam kondisi terbaik. Tapi untuk pertandingan berikutnya, kami harus memiliki rencana agar para pemain 100 persen fit," ungkapnya, seperti dikutip dari Webthethao.

Baca Juga: AVC Challenge Cup 2023: Menang atas Makau, Timnas Voli Putri Merasa Masih Ada yang Perlu Dibenahi

Timnas voli putri Indonesia mencatat kemenangan dalam laga perdana penyisihan grup A AVC Challenge Cup 2023 di GOR Tri Dharma, Minggu.

Yolla Yuliana dan kawan-kawan menang atas Timnas Makau besutan Ng Wai Keong dengan skor telak 3-0 (25-7, 25-18, 25-8).

Kemenangan ini membuat Indonesia menjalani awal yang baik di AVC Challenge Cup 2023 dengan memuncaki klasemen sementara Grup A.

Di AVC Challenge Cup 2023, timnas voli putri Indonesia berada dalam Grup A bersama Makau dan Filipina.

Laga melawan Filipina akan digelar pada Selasa (20/6/2023). Jika kembali menang, Indonesia akan menjadi juara Grup A.

Baca Juga: Jadwal Timnas Voli Putri di AVC Challenge Cup 2023: Lawan Makau 18 Juni, versus Filipina 20 Juni


 



Sumber : Kompas TV, Webthethao


BERITA LAINNYA



Close Ads x