Kompas TV olahraga sports

Profil Ockben Sinaga, Polisi Senior Wakil Indonesia di World Police and Fire Games 2023 Kanada

Kompas.tv - 24 Mei 2023, 04:55 WIB
profil-ockben-sinaga-polisi-senior-wakil-indonesia-di-world-police-and-fire-games-2023-kanada
Ockben Sinaga (53), pelari master, saat ditemui di sela-sela latihan, Senin (24/10/2022), di lintasan atletik Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Ockben akan turun pada ajang World Police and Fire Games 2023 di Kanada, 6 Agustus 2023 mendatang. (Sumber: KOMPAS/CHRISTINA MUTIARANI JEINIFER SINADIA)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Usianya sudah berumur dan tergolong senior untuk seorang atlet. Tapi jangan remehkan AKBP Ockben Saor Sinaga, polisi yang bakal jadi salah satu wakil Indonesia pada ajang World Police and Fire Games 2023 di Kanada, 6 Agustus 2023 mendatang. 

Dari Polri, Ockben tidak sendirian. Ada lagi Bripka Desjan Siallagan (Polda Kepri) dan Bripda Teuku Tegar Abadi (Polda Jatim). Desjan akan turun di nomor 800 dan 1.500 meter. Sedangkan Tegar di nomor 100 dan 400 meter.

Ockben memang pelari master, namun pada ajang tersebut dia berani turun di empat nomor sekaligus 100 meter, 200 meter, lompat jauh dan lompat jangkit.
Maka tak heran kalau perwira menengah Polri dengan dua melati di pundak nya tersebut berharap bisa membawa pulang medali dari nomor yang diikutinya. 

Ockben yang juga menjabat Kabid Pusjarah Mabes Polri ini cukup pede lantaran kondisi dan staminanya saat ini sangat bugar. Berbeda tahun 2019 ketika ia berhasil membawa pulang medali perunggu pada kejuaraan yang sama di Chengdu, China. Kala itu, ia sebelumnya sempat sakit. 

Baca Juga: Raih 6 Medali Emas SEA Games 2023, Tim Atletik Indonesia Lampaui Target

"Pernah 2018 saya kan selesai sakit, lalu di 2019 nya sakit juga. Alhamdulillah perunggu. Mudah-mudahan (dapat medali), sekarang sudah pulih dan normal kembali," kata Ockben pada wartawan.

Berlatih rutin di Stadion Madya Kompleks GBK Senayan Jakarta, Ockben mengaku tetap harus bekerja keras untuk menggapai medali yang dicita-citakan. Sebab, ia harus bersaing dengan polisi dari 300 negara lain. Namun dia tetap optimistis dan yakin bisa membawa medali. 

Guna menyongsong kejuaraan di Kanada, Ockben saat ini sudah menjalani persiapan dengan berlatih tiap pagi dan sore hari. Selain itu, pemilik klub atletik OCK tersebut selalu menjaga pola makan.  

"Pola makan dijaga. Vitamin juga, buah dan sayur. Namanya kejuaraan dunia polisi, lawannya berat sekali. Lawan yang sulit dari polisi Amerika dan Brazil. Mereka biasanya unggul di nomor lompat jauh. Mudah-mudahan, saya bisa mendapatkan medali emas, perak maupun perunggu," ungkap Ockben yang sebentar lagi akan naik pangkat dari AKBP jadi Kombes Pol itu. 


Nomor favorit

Ockben juga membidik nomor favorit di 100 meter untuk kelompok usia yang diikutinya, yakni tampil di nomor itu kategori master, sesuai usianya yang sudah mencapai 54 tahun.
Selama berlatih, ia membidik waktu di kisaran 12 detik. Saat ini, catatan waktu terbaik Ockben masih  13,36 detik untuk nomor 100 meter. 

"Dulu pernah ikut kejuaraan Indoor di Maryland 2013, sekarang waktunya sama (kisaran 13 detik), padahal sudah 10 tahun. Tapi sekarang saya berharap bisa tembus 12 detik koma agar dapat medali," ungkap Ockben yang telah meluluskan banyak anak didik masuk Akademi Kepolisian (Akpol) lewat klub atletik OCK miliknya.

Pada kejuaraan dunia lari antar polisi nanti, Ockben juga mendapatkan dukungan, baik dari pimpinan Polri maupun Pengurus Besar Persatuan Atletik Master Indonesia (PB PAMI). PAMI merupakan anggota luar biasa dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

AKBP Ockben Saor Sinaga menggigit medali yang pernah didapatkannya dalam sebuah kejuaraan atletik. Ockben akan turun pada ajang World Police and Fire Games 2023 di Kanada, 6 Agustus 2023 mendatang. (Sumber: Dokumentasi)

"Saya dapat surat rekomendasi dari Kapolri, semoga bisa meraih waktu terbaik. Saya dibebaskan untuk berlatih untuk kejuaraan dunia ini, Wakapolri, Irwasum dan pimpinan Pusjarah sangat mendukung saya. Jadi saya bersemangat. Saya ingin membawa nama baik Polri dan Indonesia di ajang dunia. Semoga tercapai," kata Ockben.

Ketua Umum PB PAMI Kombes Pol (Purn) Sukarmiyati mengatakan, pihaknya sangat mendukung keikutsertaan Ockben pada kejuaraan dunia World Police and Fire Games 2023.

Baca Juga: Badan Atletik Dunia Resmi Larang Transgender Berkompetisi di Nomor Perempuan: Ini Perkara Keadilan

Dia berharap Ockben bisa membawa pulang medali dan membawa harum Indonesia dan polisi Indonesia di kancah internasional.

"Anggota PAMI yang bisa ikuti kejuaraan dunia, harapan kami yang mewakili PAMI mendapatkan prestasi yang luar biasa. Tentu kami support, support secara fisik dan mental. Ockben punya kemauan kuat, will dan kita selalu doakan," sambung Sukarmiyati, didampingi Wakil Ketua PB PAMI Merari Nainggolan dan pengurus PAMI DKI Jakarta Musashi Nainggolan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x