Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Jalin Kerja Sama Pengembangan Sepak Bola dengan Jepang

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 16:06 WIB
pssi-jalin-kerja-sama-pengembangan-sepak-bola-dengan-jepang
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Asosiasi Sepak Bola Jepang atau Japan Football Asociation (JFA) Tashima Kohzo usai menandatangani perjanjian kerja sama di Tokyo, Jepang, Senin (22/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menjalin kerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Jepang atau Japan Football Association (JFA). 

Perjanjian atau memorandum of understanding (MoU) kerja sama itu ditandatangani oleh Ketua PSSI Erick Thohir dan Presiden JFA Tashima Kohzo di Tokyo, Jepang, Senin (22/5/2023).

"Kerja sama ini akan mengembangkan program untuk pemain muda, senior dan sepak bola wanita, juga mengenai sistem perwasitan, infrastruktur dan liga domestik dan tentu tim nasional," jelas Erick dalam konferensi pers, Senin, dipantau dari tayangan Breaking News Kompas TV.

Erick mengaku terkesan dengan kiprah JFA yang telah berhasil memajukan sepak bola Jepang dengan infrastruktur dan sistem yang sangat menunjang.

"Tentu saja kami ingin membangun persepakbolaan dan kami belajar dari Anda (JFA) bagaimana membangun tim nasional ke arah yang lebih baik," ungkapnya kepada Tashima.

Dia mengatakan, kerja sama ini akan diawali dengan pengembangan tim nasional putri di Indonesia.

"Pertama-tama kita akan fokus kerja sama dengan Jepang untuk pengembangan tim nasional putri. Jepang itu punya track record timnas putri juara di U16, U20, dan pernah juara dunia. Jadi ini sesuatu yang kita mau dorong," jelasnya.

Baca Juga: Presiden FIFA Tanggapi Kericuhan di Final SEA Games, Sebut Jadi Penghambat Kemajuan Sepak Bola

Ia juga mengaku meminta JFA mengirimkan pelatih tim putri dari Jepang untuk bekerja di Indonesia.

"Saya sudah minta juga kalau ada pelatih dari Jepang yang bisa kerja sama dan bekerja di Indonesia untuk tim putri," ujarnya.

Mengenai pengembangan liga domestik, Erick mengatakan, PSSI juga akan melakukan benchmarking manajemen liga dengan J-League dan mengembangkan sistem perwasitan.

"Selain itu, kita juga akan kerja sama untuk benchmarking manajemen kita untuk liga, bagaimana kita lihat J-League terus meningkat," terangnya.

"Dan yang paling penting juga wasit. Kita akan memakai pimpinan wasit dari Jepang, kita sedang tunggu nama-namanya untuk bisa menjaga perwasitan kita," sambungnya.

Erick juga menyinggung soal fasilitas olahraga yang akan terpusat di ibu kota baru Indonesia, Nusantara, dengan perlengkapan-perlengkapan yang dipastikan dapat mengakomodasi pengembangan sepak bola.

Ia pun berharap kerja sama PSSI dan JFA bisa memajukan persepakbolaan Indonesia.

"Mudah-mudahan kerja samanya baik buat sepak bola Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: Erick Thohir: Belum Terpikirkan Cawapres Fokus Saya di Sepak Bola dan BUMN


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x