Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U22 Indonesia Raih Emas SEA Games, Zainudin Amali: Momentum Kebangkitan Sepak Bola Nasional

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 20:31 WIB
timnas-u22-indonesia-raih-emas-sea-games-zainudin-amali-momentum-kebangkitan-sepak-bola-nasional
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menjadikan keberhasilan meraih emas sepak bola SEA Games 2023 sebagai momentum kebangkitan sepak bola nasional. (Sumber: raiky/kemenpora.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali menjadikan keberhasilan Timnas U22 Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 sebagai momentum kebangkitan sepak bola nasional.

"Saya kira ini adalah kerinduan 32 tahun tentang prestasi sepak bola di tingkat Asia Tenggara dan ini artinya buat masyarakat Indonesia terutama bagi pecinta sepak bola yang sangat rindu dengan kemenangan ini," kata Amali dalam program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Rabu (17/5/2023).

"Kami dari PSSI tentu hanya bisa memfasilitasi, memberikan dukungan, tetapi yang menentukan tetap anak-anak yang main di lapangan dan pelatih."

"Kita jadikan ini momentum kebangkitan sepak bola nasional. Apalagi pertemuan terakhir dengan FIFA, Pak Erick Thohir sudah menyampaikan roadmap dari (dan) ke mana sepak bola Indonesia ini kita arahkan," ujarnya.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu berharap, dengan dukungan masyarakat, transformasi sepak bola yang sedang dilakukan PSSI bisa terus berjalan baik sehingga membuahkan prestasi bagi Indonesia di masa depan.

"Oleh karena itu, dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia yang juga menentukan kemenangan ini, atas nama federasi saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik yang menyampaikan respons positif, maupun yang kurang," lanjutnya.

"Tapi itu menjadi hal yang membuat kita semakin bersemangat melakukan berbagai hal untuk transformasi sepak bola Indonesia ke depan," ujarnya.

Baca Juga: Indonesia vs Thailand Ricuh, FAT Minta Maaf dan Berjanji Hukum Pihak yang Bersalah

Seperti yang diiberitakan sebelumnya, Indonesia mengakhiri puasa juara cabang olahraga sepak bola di SEA Games setelah mengalahkan Thailand di laga final yang digelar di Stadion Olympic, Phnom Penh, dengan skor 5-2.

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta (20', 45+5') dan tiga gol di babak tambahan lewat Irfan Jauhari (91') dan Fajar Faturrahman (107') dan Beckham Putra (120')

Sementara Thailand sempat memperkecil ketertinggalan lewat tandukan Anan Yodsangwal menit ke-65. Kemudian, secara dramatis Thailand mampu menyamakan kedudukan lewat gol Yotsakon Burapha pada menit 90+9.

Keberhasilan menjadi yang terbaik di sepak bola SEA Games ini menjadi yang ketiga kalinya bagi Indonesia.

Kesuksean pertama diraih pada SEA Games 1987. Medali sempat lepas dua tahun berselang, pada SEA Games 1991, Timnas Indonesia kembali meraih prestasi tertinggi.

Setelah masuk final pada 1997, 2011, 2013, dan 2019, penantian 32 tahun Indonesia akhirnya berakhir usai bisa merasakan kembali menjejak podium tertinggi di SEA Games 2023.

Dengan tiga kali jadi juara sepak bola SEA Games, Indonesia menyamai Vietnam yang juga torehan serupa.

Thailand menjadi raja di sepak bola SEA Games dengan 16 emas, disusul Malaysia dengan 6 gelar serta Myanmar yang 5 kali juara.

Baca Juga: Kericuhan Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023, Kurniawan DY: Sudah Clear Masalahnya


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x