Kompas TV olahraga sepak bola

Nonton Final SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand, Jokowi Juga Sempat Kena Prank Wasit

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 06:30 WIB
nonton-final-sea-games-2023-indonesia-vs-thailand-jokowi-juga-sempat-kena-prank-wasit
Momen Presiden Joko Widodo atau Jokowi nonton laga final sepak bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand, Selasa (16/5/2023) malam. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Ri Joko Widodo atau Jokowi ikut merasakan bagaimana ketegangan menyaksikan perjuangan Timnas U22 pada laga final sepak bola SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand, Selasa (16/5/2023) kemarin.

Skuad Garuda akhirnya keluar sebagai juara dan sukses menyabet medali emas usai melakoni pertandingan 120 menit dengan menumbangkan Gajah Perang dengan skor 5-2.

Setelah keberhasilan tersebut, Jokowi pun mengucapkan selamat kepada seluruh pemain dan ofisial yang telah berjuang demi medali emas. 

“Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5) dini hari tadi.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengaku sangat senang dan mengapresiasi prestasi Timnas U22 yang bisa berhasil menjadi juara SEA Games setelah terakhir kali jadi yang terbaik 32 tahun silam.

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada," lanjut Jokowi. 

"Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara. 32 tahun kita nunggu,” kata Presiden.

Timnas Sepak Bola Indonesia U22 usai pengalungan medali emas di SEA Games Kamboja, Selasa (16/05/2023). (Sumber: PSSI)

Baca Juga: BREAKING NEWS! Hasil Indonesia vs Thailand, Skor 5-2: Garuda Raih Medali Emas SEA Games 2023!

Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga bercerita bagaimana perasaannya ketika menonton pertandingan final SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand.

Jokowi menuturkan bahwa ia ikut kena "prank" wasit yang dikira sudah meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir. 

“Pertama, gol pertama tadi Ramadhan Sananta itu golnya satu, yang kedua, kemudian yang ketiga Irfan Jauhari, itu yang ketiga juga menimbulkan semangat lagi, untuk keempat tadi Fajar Fathur Rahman golnya juga, yang terakhir ditutup Beckham Putra ya udah lima rampung,” terang Presiden.

“Karena memang sebelumnya juga saya keliru juga, sudah diselametin ternyata masih main dan [kemasukan] gol kaget juga gitu,” imbuhnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Indonesia mengakhiri puasa juara cabang olahraga sepak bola di SEA Games setelah mengalahkan Thailand di laga final yang digelar di Stadion Olympic, Phnom Penh, dengan skor 5-2.

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta (20', 45+5') dan tiga gol di babak tambahan lewat Irfan Jauhari (91') dan Fajar Faturrahman (107') dan Beckham Putra (120')

Sementara Thailand sempat memperkecil ketertinggalan lewat tandukan Anan Yodsangwal menit ke-65. Kemudian, secara dramatis Thailand mampu menyamakan kedudukan lewat gol Yotsakon Burapha pada menit 90+9. 

Sebagai perayaan kemenangan, Jokowi yang sedang berada di Medan pun mentraktir seluruh rombongan kunjungan kerjanya makan durian.

"Tadi sore memang saya janjian, kalau menang, para menteri, Pak Gub, dan lain-lain, kalau menang mau saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng, jadi karena menang ya harus traktir, janjiannya seperti itu,” ungkap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah.

Baca Juga: Kata Indra Sjafri ke Skuad Timnas U22 Indonesia: Kalian Pelaku Sejarah, Kalian Primadona!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x