Kompas TV olahraga badminton

SEA Games 2023: Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Indonesia Rengkuh Medali Emas

Kompas.tv - 11 Mei 2023, 18:31 WIB
sea-games-2023-tim-bulu-tangkis-beregu-putra-indonesia-rengkuh-medali-emas
Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja usai mengalahkan Malaysia di final dengan skor 3-1. (Sumber: Twitter @INABadminton/PBSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Tim bulu tangkis beregu putra Indonesia sukses merengkuh medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja.

Dalam pertandingan final melawan Malaysia yang digelar di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh, Kamis (11/5/2023), Indonesia mampu menang dengan skor 3-1.

Indonesia sebenarnya tertinggal lebih dulu saat tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo yang turun di partai pertama, menelan kekalahan.

Chico, yang sebelumnya mengalahkan Loh Kean Yew saat berhadapan dengan Singapura di semifinal, takluk di tangan pemain Malaysia, Leong Jun Hao, dua gim langsung 16-21 dan 13-21.

Meski tertinggal satu angka lebih dulu, tim bulu tangkis beregu putra Indonesia kemudian bisa menyamakan kedudukan di partai kedua.

Pasangan ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, berhasil tampil lepas ketika berhadapan dengan Beh Chun Meng/Goh Boon Zhe.

Fikri/Bagas pun mampu menunjukkan permainan terbaik mereka dan menang straight game 21-12 dan 22-20.

Baca Juga: SEA Games 2023: Tim Bulu Tangkis Putri Indonesia Alihkan Fokus ke Nomor Perorangan

Di partai ketiga, Indonesia kemudian mampu berbalik memimpin 2-1 lewat tunggal putra, Christian Adinata.

Christian yang menghadapi Lee Shun Yang juga mampu menang dua gim langsung 21-17 dan 21-9.

Dengan keunggulan 2-1, tim bulu tangkis beregu putra Indonesia pun tinggal butuh satu kemenangan untuk memastikan meraih medali emas SEA Games 2023.

Pramudya Kusumawardana/Yeremia E. Y. Yacob Rambitan pun mampu memikul tanggung jawab tersebut ketika menghadapi ganda putra Malaysia, Chia Weijei/Liew Xun.

Meski sempat kalah di gim pertama, Pramudya/Yeremia mampu bangkit di dua gim selanjutnya dan bisa memenangi pertandingan dengan skor 13-21, 21-16 dan 21-16.

Dengan hasil ini, tim bulu tangkis putra Indonesia pun berhak meraih medali emas SEA Games 2023.

Raihan ini menjadi prestasi yang lebih baik di mana pada SEA Games 2021 silam, tim beregu putra Indonesia hanya mampu meraih perunggu. 

Baca Juga: Update Perolehan Medali SEA Games 2023: Indonesia Tambah Tiga Emas, Masih di Peringkat 4


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x