Kompas TV olahraga badminton

Hasil Final Badminton Asia Championships 2023: Fukushima/Hirota Juara, Zheng/Huang Tumbang

Kompas.tv - 30 April 2023, 18:37 WIB
hasil-final-badminton-asia-championships-2023-fukushima-hirota-juara-zheng-huang-tumbang
Ganda putri Jepang, Sayaka Hirota (kanan) dan Yuki Fukushima, saat bertanding melawan Zhang Shu Xian dan Zheng Yu dari China di Malaysia Open 2023 di Bukit Jalil Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, 11 Januari 2023. (Sumber: AP Photo/Kien Huo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

DUBAI, KOMPAS.TV - Ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, menjadi juara Badminton Asia Championships 2023 atau Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2023.

Dalam final yang berlangsung di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (30/4/2023), Fukushima/Hirota mengandaskan pasangan Korea Selatan, Baek Ha Na/Lee So Hee, dua gim langsung, 21-7, 21-14.

Fukushima/Hirota selalu memimpin perolehan angka sejak awal gim pertama. Setelah unggul 5-2, pasangan Jepang sempat hampir disusul ganda putri Korea di kedudukan 6-5.

Tapi setelah itu, Fukushima/Hirota tancap gas hingga memimpin 11-6 di interval pertama.

Selepas inteval, duo Jepang makin tak terbendung. Serangan-serangannya terbukti mematikan dan sulit dikembalikan Baek/Lee.

Fukushima/Hirota pun mampu mengakhiri gim pertama dengan mudah 21-7.

Pada gim kedua, permainan berlangsung lebih seru karena terjadi kejar-mengejar angka antara kedua pasangan. Namun Fukushima/Hirota berhasil unggul pada interval kedua dengan skor 11-9.

Baek/Lee tidak menyerah. Mereka mampu menyalip dan unggul hingga skor menjadi 11-14.

Sayangnya, pasangan Korea Selatan itu kemudian seakan terkunci di poin 14. Sebaliknya, Fukushima/Hirota berhasil mengumpulkan 10 poin beruntun hingga menutup gim kedua dengan skor 21-14 dan berhak atas gelar juara Badminton Asia Championships 2023.

Baca Juga: Hasil Badminton Asia Championships 2023: Dejan/Gloria Terhenti di Semifinal

Di final nomor ganda campuran, pasangan nomor 1 dunia asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, menyerah di tangan kompatriotnya, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Zheng/Huang kalah dua gim langsung 21-15 dan 21-16.

Sempat tertinggal 0-1 di awal gim pertama, Jiang/Wei berbalik unggul 3-1.

Perolehan angka kedua pasangan sempat imbang pada kedudukan 6-6. Namun setelah itu, Jiang/Wei melaju dan terus memimpin hingga merebut gim pertama dengan skor 21-15.

Di gim kedua, Zheng/Huang tampak belum mampu mengembangkan permainan. Pasangan nomor 1 dunia itu terus tertinggal. Pada interval kedua, Jiang/Wei unggul 11-9.

Setelah interval, Zheng/Huang masih terus tertekan. Sementara Jiang/Wei terus menambah poin demi poin hingga merebut gim kedua dengan skor 21-16.

Baca Juga: Lolos Final Badminton Asia Championship 2023, Anthony Ginting: Terima Kasih Tim Pelatih yang Sigap

Dengan hasil ini, Jiang/Wei yang saat ini berada di ranking 21 dunia, berhak atas gelar juara Badminton Asia Championships 2023. Sementara Zheng/Huang harus puas dengan gelar runner-up.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x