Kompas TV olahraga sports

Indonesia Berpotensi Kehilangan 39 Medali Emas di SEA Games 2023, Begini Siasatnya

Kompas.tv - 18 April 2023, 06:24 WIB
indonesia-berpotensi-kehilangan-39-medali-emas-di-sea-games-2023-begini-siasatnya
Logo SEA Games 2023 Kamboja. (Sumber: -)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Tim Review Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Mochammad Asmawi menyebut Indonesia berpotensi kehilangan 39 medali emas.

"Kita berpotensi kehilangan 39 medali emas, semoga masih bisa mencari peluang dari cabang olahraga mana saja yang bisa mendapatkan medali emas," kata Asmawi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (17/4/2023) dikutip dari Antara.

 

"Kami mempertimbangkan dari hasil SEA Games sebelumnya (Vietnam) kemudian termasuk dari cabang olahraga untuk ke Asian Games, dan dari data-data akurat yang terakhir terutama pertandingan-pertandingan single event dan mempunyai bobot," kata Asmawi.

Sebelumnya Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim menjelaskan Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023 telah memutuskan dan mengumumkan cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada gelaran SEA Games ke-32 tersebut.

Dari 44 cabang olahraga dan 632 nomor pertandingan, kontingen Indonesia diprediksi akan kehilangan 39 medali emas karena ada sejumlah cabor andalan yang tidak dipertandingkan.

"Seperti yang saya sampaikan waktu diumumkan jadi CdM oleh Ketua Umum NOC, saya akan transparan soal data prestasi atlet," ujar Lexyndo dalam keterangan resminya pada Kamis (2/3/2023) dikutip dari Kompas.com.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengumumkan akan mengirim 599 atlet ke SEA Games 2023 Kamboja. 

Baca Juga: Minim Waktu Bukan Halangan Timnas Voli Putra Targetkan Emas di Sea Games 2023!

Kontingen Merah Putih akan bersaing pada 31 cabang olahraga dari total 36 yang dipertandingkan atau dilombakan pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.

Dito menargetkan Kontingen Indonesia dapat menggondol minimal 60 medali emas. 

"Untuk medali emas, target meraih 60 emas. Semoga meleset, tapi ke atas," kata Dito. 

Pada SEA Games 2021 Vietnam silam, Indonesia berhasil finis di peringkat 3 klasemen akhir dengan koleksi 69 medali emas. Padahal, saat itu, Indonesia hanya mengirimkan total 499 atlet. 


 

Lebih lanjut, Menpora Dito juga menegaskan bahwa tiap cabang olahraga tidak dapat memberangkatkan atletnya secara mandiri ke SEA Games 2023. 

Baca Juga: Persiapan Para Atlet Menuju Sea Games Kamboja, Pelti Gelar Turnamen Tenis Internasional

"Hasil tadi (rapat) berangkat bersama. Kami sudah menyepakati tetap tidak ada jalur mandiri. Kami memberangkatkan apa yang sudah kami sepakati bersama, tidak ada jalur mandiri," kata Dito.

Menurut jadwal, SEA Games 2023 Kamboja akan digelar mulai 5-17 Mei mendatang. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x