Kompas TV olahraga sepak bola

PSM Makassar Angkat Piala Juara Liga 1: Trofi Baru Berhiaskan 24 Batu Mulia, Ada Dua Kepala Garuda

Kompas.tv - 16 April 2023, 10:32 WIB
psm-makassar-angkat-piala-juara-liga-1-trofi-baru-berhiaskan-24-batu-mulia-ada-dua-kepala-garuda
Trofi baru bagi juara Liga 1. PSM Makassar akan mengangkap piala ini setelah dipastikan menjadi juara Liga 1 musim 2022-2023. (Sumber: ligaindonesiabaru.com)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Akhirnya, PSM Makassar kembali mengangkat piala sejak puasa gelar selama 23 tahun. Tim Juku Eja bakal mengangkat trofi juara Liga 1 musim 2022-23 malam ini, Minggu (16/4/2023), usai dipastikan menjadi yang terbaik pada kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia untuk musim ini. 

Untuk itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah menyiapkan trofi Liga 1 2022-23 untuk PSM. Namun ada yang berbeda dari trofi sebelumnya, karena LIB telah menyiapkan trofi dengan bentuk baru. 

Trofi baru itu menggunakan bahan dasar tembaga dan kuningan berlapis perak dan tambahan batu mulia pada bagian depan dengan ukuran tinggi 60 cm dan lebar 50 cm.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Belum Gabung dengan Timnas U22, Indra Sjafri: Biar Pesta Dulu Sama PSM

Salah satu yang mencolok dari bentuk trofi baru ini terdapat di bagian kiri kanan trofi berbentuk kepala Garuda, yang merupakan lambang negara Indonesia.

"Prinsipnya kami selalu memberikan yang terbaik pada gelaran BRI Liga 1 2022/2023. Termasuk trofi juara. Bentuk dan filosofinya berbeda dengan sebelumnya," jelas Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, dikutip dari laman PT LIB, Minggu (16/4).

Perubahan pada trofi baru mengandung beberapa filosofi, seperti pegangan kepala Garuda merepresentasikan burung Garuda sebagai pegangan hidup yang dipercaya sebagai lambang kekuatan, kebajikan dan lambang negara Indonesia.


 

Kemudian emblem logo Liga 1 yang dikelilingi 24 batu Turquoise atau batu Pirus berarti kemenangan, serta bodi utama trofi berbentuk V shape yang bermakna memfokuskan karir dan pengembangan untuk tetap hidup dan tumbuh ke atas.

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, PSM Makassar dipastikan sebagai juara Liga 1 2022-23 usai mengalahkan Madura United FC 3-1 pada pekan ke-32 lalu.

Saat ini tim William Pluij cs ada di puncak klasemen dengan perolehan 72 poin dari 33 kali bertanding. Mereka unggul sembilan poin dari Persija Jakarta, yang ada di posisi kedua.

Baca Juga: Bawa PSM Juara Liga 1, Bernardo Tavares: Di Awal Musim, Tak Ada yang Percaya Kami Jadi Kampiun

Dengan satu laga tersisa, praktis poin PSM tak bisa lagi dikalahkan oleh tim lainnya. Bersamaan dengan itu, PSM bakal merayakan pesta juaranya di kandang sendiri, Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare pada hari ini (16/4) usai menyelesaikan laga pekan ke-34 melawan Borneo FC Samarinda.

Laman PT LIB juga menyebutkan, laga PSM kontra Borneo FC mengalami perubahan jam kick off yang semula pukul 20.30 WIB menjadi 19.30 WIB. 



Sumber : ligaindonesiabaru.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x