Kompas TV olahraga sepak bola

Survei LSI: 71,3 Persen Publik Tak Masalah Israel Datang ke Indonesia untuk Piala Dunia U20 2023

Kompas.tv - 9 April 2023, 17:14 WIB
survei-lsi-71-3-persen-publik-tak-masalah-israel-datang-ke-indonesia-untuk-piala-dunia-u20-2023
Trofi Piala Dunia U20 ditampilkan di lapangan jelang laga final antara Ukraina dan Korea Selatan di Lodz, Polandia, Sabtu, 15 Juni 2019. (Sumber: AP Photo/Sergei Grits)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menjelaskan temuan survei LSI terkait Piala Dunia U20 2023 yang sedianya digelar di Indonesia, tetapi batal.

Hasil survei menunjukkan 68 persen responden mengetahui Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023, sisanya tidak tahu.

“Di antara yang tahu itu, mereka juga tahu, mayoritas, 76,1 persen tahu Israel menjadi peserta Piala Dunia,” kata Djayadi dalam konferensi pers, Minggu (9/4/2023).

Baca Juga: Survei LSI: Kepuasan Publik atas Kinerja Presiden Jokowi Naik Jadi 76,8 Persen

Dari responden yang tahu bahwa tim Israel menjadi peserta, 27,5 persennya menolak kedatangan tim Israel ke Indonesia dan 71,3 persennya menyatakan tidak mempersoalkan kedatangan Israel.

LSI juga merangkum sejumlah alasan atas keputusan responden. Mereka yang menolak kedatangan tim Israel beralasan karena Israel menjajah Palestina, tidak suka dengan Israel, dan karena konstitusi menolak bentuk penjajahan.

Selain itu, mereka juga beralasan Israel bangsa Yahudi, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik, dan karena bersimpati dengan perjuangan rakyat Palestina, sehingga menolak kedatangan Israel.

Adapun mereka yang tidak mempersoalkan kedatangan Israel ke Indonesia beralasan bahwa urusan sepak bola tidak berkaitan dengan politik.

Mereka juga ingin sepak bola nasional maju, dan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 adalah momen yang penting.

Baca Juga: Menantu Wapres Ma'ruf Amin, Rapsel Ali Meninggal Dunia

Terkait dengan keputusan FIFA yang membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20, LSI menemukan 72,1 persen tahu terkait informasi tersebut.

Mereka yang tahu, mayoritas percaya bahwa pembatalan tersebut berkaitan dengan adanya penolakan atas timnas Israel yang akan datang ke Indonesia sebagai peserta Piala Dunia U20 2023.

Survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu 31 Maret - 4 April 2023 dan diikuti oleh sebanyak 1.229 responden. Responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Baca Juga: Soal Wacana Koalisi Besar, Demokrat: Jika Anies Dirasa Lawan Berat, Mari Berkompetisi secara Jurdil

Sebagai informasi, FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 pada Rabu, 29 Maret 2023.

Dalam keterangan resminya, FIFA tidak menyebutkan secara jelas apa alasan di balik pencopotan tersebut.

FIFA hanya mengatakan “due to the current circumstances” atau "karena situasi saat ini" sebagai alasan keputusan tersebut.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x