Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Wanita Indonesia Mundur dari SEA Games 2023

Kompas.tv - 5 April 2023, 22:31 WIB
timnas-wanita-indonesia-mundur-dari-sea-games-2023
Timnas Wanita Indonesia mundur dari ajang SEA Games 2023 Kamboja. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Wanita Indonesia mundur dari ajang SEA Games 2023. Mundurnya Garuda Pertiwi ini diketahui hanya beberapa jam setelah drawing pembagian grup yang dilakukan pada Rabu (5/4/2023).

Seperti diberitakan sebelumnya, Timnas Wanita Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina, Myanmar dan Malaysia.

Grup tersebut bisa dibilang sangat berat karena ada Vietnam dan Filipina yang menjadi unggulan utama.

Sementara di Grup B, sepak bola wanita SEA Games 2023 diisi oleh Kamboja, Thailand, Singapura dan Laos.

Akan tetapi, hanya beberapa jam setelah pengundian pembagian, Timnas Wanita Indonesia memutuskan mundur dari SEA Games 2023.

Kabar tersebut diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) melalui unggahan di akun Facebook mereka pada Rabu malam.

"Dalam kesempatan ini disampaikan, tim sepak bola wanita Indonesia memutuskan untuk mundur dari kompetisi. Dengan demikian, Grup A akan tersisa empat tim, yakni Vietnam, Filipina, Myanmar dan Malaysia,” tulis pernyataan FFC.

Baca Juga: Drawing Sepak Bola SEA Games 2023: Indonesia Segrup dengan Kamboja, Vietnam dan Thailand di Grup B

Kabar ini tentu mengejutkan, lantaran sebelumnya Menpora Dito Ariotedjo sempat mengungkapkan rasa optimisnya bahwa Timnas Wanita Indonesia bisa melewati fase grup SEA Games 2023.

"Timnas sepak bola putri kita juga punya potensi," kata Dito dikutip dari Antara.

Timnas Wanita Indonesia saat ini tengah melakoni persiapan Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dan pelatih Rudy Eka telah memanggil 22 pemain.

"Ada 22 pemain yang akan kami bawa untuk memperkuat skuat timnas pada laga nanti. Kami lakukan penilaian terhadap adaptasi dan kesiapan mereka selama melakukan TC sehingga mereka siap dalam menghadapi laga nanti. Dua laga di fase grup sangat menentukan langkah kami di babak selanjutnya, jadi kami harus tampil maksimal dengan skuad yang maksimal juga," kata Rudy Eka dikutip dari laman resmi PSSI.

Seperti diketahui, skuad Garuda Pertiwi berada satu grup dengan Taiwan dan Lebanon pada babak pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Ketiga tim pun berada di Grup F, di mana pertandingan akan digelar di Lebanon.

Ke-22 pemain beserta staf ofisial yang akan bertanding di Lebanon dijadwalkan akan terbang meninggalkan Tanah Air pada Rabu (5/4/2023) pagi dan sampai di Lebanon pada malam hari.

Jika lolos dan menempati juara grup pada babak pertama kualifikasi ini, Ade Mustikiana dan kawan-kawan akan melaju ke babak kedua kualifikasi, di mana lima tim peringkat tertinggi FIFA zona Asia sudah menanti di babak ini, yakni Korea Utara, Jepang, Australia, Tiongkok, dan Korea Selatan. 

Baca Juga: Huni Grup Ringan di SEA Games 2023, Erick Thohir: Timnas U22 Jangan Remehkan Lawan


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x