Kompas TV olahraga kompas sport

MGPA Modifikasi Sirkuit Mandalika usai WSBK Putaran Kedua

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 14:38 WIB
mgpa-modifikasi-sirkuit-mandalika-usai-wsbk-putaran-kedua
Safety Car melakukan inspeksi lintasan saat hujan deras pada race 2 WorldSBK atau WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, 21 November 2021. (Sumber: Antara)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

LOMBOK, KOMPAS.TV - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria menyebut modifikasi Sirkuit Internasional Mandalika untuk mendapatkan homologasi Grade 2 dari Federasi Automobil Internasional (FIA) akan dilakukan setelah ajang World Superbike (WSBK) putaran kedua.

"Setelah 1-2 bulan ini kami akan fokus untuk selesaikan permintaan FIA supaya bisa mendapatkan homologasi Grade 2. Jadi, kami akan kerjakan apa yang mereka minta, lalu nanti (setelah selesai), mereka akan (melakukan) inspeksi (trek) lagi. Kalau sudah terpasang, dengan sendirinya Grade 2 akan didapatkan," kata Priandhi di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Jumat (3/3/2023), dikutip dari Antara.

Menurutnya, keputusan itu dipilih lantaran modifikasi yang dilakukan untuk balapan roda dua dan empat memiliki perbedaan.

Baca Juga: Mau Lihat WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika Besok? BMKG Sebut Cuaca Masih Berpotensi Hujan

"Untuk mendapatkan Grade 2 ini ada catatannya, yang menurut kami, minor. Salah satu yang susah adalah pasang polisi tidur di beberapa tikungan. Tapi, menurut kami hal itu tidak terlalu susah, karena tinggal desain, beli, dan biayanya tidak begitu mahal," papar Priandhi.

"Tapi, kami dan IMI (Ikatan Motor Indonesia) sepakat untuk tidak selenggarakan itu (modifikasi) jelang WSBK karena (dari) FIA, (rencana) balapan (roda empat) belum ada. Jadi, ya sudah, (permintaan dan homologasi) dari FIM (Federasi Internasional Sepeda Motor) jalan dulu (untuk WSBK)," imbuhnya.

Adapun Priandhi mengatakan asesor FIA sudah mengunjungi Sirkuit Mandalika pada Desember lalu, didampingi perwakilan dari IMI untuk melihat kondisi sirkuit beserta fasilitas-fasilitas pendukungnya seperti race building, race control, paddock, dan lainnya.

Homologasi Grade 2 diperlukan oleh sirkuit untuk menggelar balap roda empat internasional yang kelasnya di bawah Formula 1.

Beberapa kompetisi tersebut di antaranya Formula 2, Asia Le Mans Series, GT World Challenge, dan World Endurance Challenge.

Sirkuit yang terletak di Lombok Tengah itu baru mendapatkan lisensi Grade A dan B dari FIM untuk menggelar ajang balap motor seperti WSBK dan MotoGP.

Baca Juga: Hasil FP 1 WSBK Mandalika: Toprak ke-2, Michael Ruben Rinaldi Tercepat


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x