Kompas TV olahraga sepak bola

Iwan Bule Tekankan Pentingnya Pengembangan Bakat: 5 Tahun Lagi Indonesia jadi Macan Asia

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 13:51 WIB
iwan-bule-tekankan-pentingnya-pengembangan-bakat-5-tahun-lagi-indonesia-jadi-macan-asia
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberi sambutan pada acara pembukaan FGD Penyempurnaan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (10/2/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

BADUNG, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menekankan pentingnya pengembangan bakat muda para pemain sepak bola di Indonesia. 

Adapun PSSI bersama Kemenpora menggelar Focus Grup Discussion (FGD) penyempurnaan Instruksi Presiden No.3 Tahun 2019 di Nusa Dua, Badung, Bali pada 10-12 Februari 2023. 

Ini menjadi acara FGD terakhir usai kegiatan yang sama telah digelar di Palembang dan Jakarta pada akhir Januari dan awal Februari 2023 ini. 

Baca Juga: Soal Marselino dan Ronaldo, Iwan Bule: Sabar Dulu kalau Mau Bermain di Luar Negeri

Kegiatan ini turut  diikuti Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI, dan para pemilik klub, dengan pembicara FGD di antaranya pengurus PSSI, pejabat Kemenpora, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Masyarakat dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, dan Kementerian BUMN.

Dalam acara tersebut, Iwan Bule menekankan pentingnya pengembangan bakat muda di Indonesia. 

Iwan merasa yakin jika para bakat muda dibina dengan baik, Timnas Indonesia akan menjadi Macan Asia dalam lima tahun ke depan. 

“Ada beberapa catatan di dalam Inpres, pertama, pengembangan bakat. Bakat kita luar biasa teman-teman, ada banyak sekali," papar Iwan Bule, Jumat (10/2) dikutip dari Antara. 

"Insya Allah dalam kurun waktu 5–10 tahun ke depan, saya yakin dengan kepengurusan (PSSI) yang baru sepak bola kita lebih maju, karena harus berproses."

Baca Juga: Komite Pemilihan Tegaskan Erick Thohir Sudah Penuhi Syarat Jadi Calon Ketua Umum PSSI

Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut mencontohkan sejumlah bakat muda Indonesia saat ini yang tengah berlatih di luar negeri. Salah satunya adalah kapten Timnas Indonesia U16 Iqbal Gwajingge serta Eriko Sulastiano. 

Iqbal Gwajingge dan Eriko saat ini sedang berlatih di Hungaria bersama klub Puskas Akademia FC. 

“Nanti saya yakin, lima tahun ke depan, Indonesia akan kembali menjadi Macan Asia sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia,” sambung Iwan Bule.

Baca Juga: Berharap Segera Balik ke TC Timnas, PSSI Mulai Komunikasi dengan Klub Marselino dan Ronaldo

Selain itu, Iwan Bule juga menekankan perlunya revisi kurikulum pelatihan dan penambahan sumber daya manusia. Ia juga mengusulkan pentingnya menyusun Indeks Pembangunan Sepak Bola yang dapat menjadi indikator mengukur kemajuan sepak bola nasional.

“Saran, kiranya kita pikirkan Indeks Pembangunan Sepak Bola yang mana indeks itu harus dikaji oleh para pakar, akademisi,” katanya.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x