Kompas TV olahraga sepak bola

Liga 2 Dihentikan, Persipura Jayapura Somasi PSSI

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 21:28 WIB
liga-2-dihentikan-persipura-jayapura-somasi-pssi
Menpora Zainudin Amali (kanan) berjabat tangan dengan Manajer Persipura Jayapura Yan Permenas Mandenas (kiri) saat menemui perwakilan klub sepak bola Liga 2 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (16/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Persipura Jayapura melayangkan surat somasi kepada PSSI terkait pemberhentian sepihak kompetisi Liga 2 musim ini. 

Dilansir dari Antara, manajer Persipura Yan Mandenas mengatakan, surat somasi ke PSSI sudah dikirim langsung ke markas federasi sepak bola nasional yang berada di Gedung GBK Arena, Senayan, Jakarta.

Mandenas menambahkan, surat somasi tersebut juga disampaikan kepada Menpora Zainudin Amali sebagai perwakilan pemerintah kemudian Komisi X DPR RI sebagai mitra kerja PSSI dan PT. LIB.

Badan induk sepak bola dunia, FIFA, serta AFC sebagai federasi sepak bola Asia turut mendapatkan terusan surat ini. 

"Apa yang kami lakukan adalah sebagai bentuk ketidakpercayaan kami terhadap PSSI dan surat somasi kami juga sampaikan ke FIFA, AFC, Menpora dan Komisi X DPR RI," ujar Mandenas. 

Persipura menilai, keputusan dalam rapat komite eksekutif itu berpotensi merugikan klub, pemain dan ofisial. Apalagi berbagai persiapan telah dilakukan oleh klub demi berprestasi di Liga 2 musim ini. 

Pihak Mutiara Hitam juga mempertanyakan transparansi keputusan tersebut karena hingga saat ini tidak disebutkan klub-klub mana saja yang setuju Liga 2 dihentikan. 

Baca Juga: Ungkapan Kekecewaan Para Pemilik Klub Karena Liga 2 dan 3 Dihentikan

"Kami juga mempertanyakan transparansi PSSI dalam membuat keputusan sebagaimana dimaksud pada rapat komite eksekutif dan hingga kini kami tidak pernah mengetahui nama-nama klub yang meminta agar kompetisi tersebut tidak dilanjutkan kembali," jelasnya. 

"Faktanya rapat antar pemilik klub peserta Kompetisi Liga 2 pada 14 Desember 2022 setuju agar kompetisi dilanjutkan dengan melakukan beberapa penyesuaian," tambah Mandenas. 

Terakhir, pihaknya meminta agar PSSI dalam waktu tujuh hari sejak tanggal surat ini dibuat untuk membatalkan keputusan rapat komite eksekutif pada 12 Januari 2023 terkait penghentian kelanjutan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

Serta harus diadakannya pertemuan khusus antara PSSI, operator pertandingan dan para klub peserta Kompetisi liga 2 guna menentukan format baru sebelum melanjutkan kompetisi.

"Dalam surat, Manajer Persipura beri waktu seminggu bilamana PSSI tidak mengindahkan surat somasi ini, dengan berat hati Persipura melakukan upaya hukum yang dipandang perlu untuk melindungi kepentingan hukum kami," tulis klub kebanggaan Papua di akun Instagram mereka. 


Baca Juga: Buntut Kompetesi Liga 2 Dihentikan, Menpora akan Cari Solusi Bagi Klub



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x