Kompas TV olahraga sepak bola

Piala AFF 2022: Demi Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Harus Tampil All Out

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 20:57 WIB
piala-aff-2022-demi-kalahkan-vietnam-timnas-indonesia-harus-tampil-all-out
Timnas Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum laga kontra Timnas Filipina dalam pertandingan lanjutan Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023). (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola, Anton Sanjoyo, menilai Timnas Indonesia harus tampil all out demi mengalahkan Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). 

Menurut Bung Joy, dalam duel Vietnam vs Indonesia besok, skuad Garuda harus bisa tampil menyerang demi meraih kemenangan atau setidaknya hasil imbang dengan gol. 

"Menurut saya, sudah all out saja karena ini sudah pertandingan hidup mati," kata dia dalam program Kompas Petang Kompas TV, Minggu (8/1/2023).

"Dan Shin Tae-yong saya rasa sudah punya rencana besar untuk pertandingan ini."

Lebih lanjut, Bung Joy meyakini tak akan ada banyak perubahan yang dilakukan Shin Tae-yong di lini belakang dan tengah. 

Tapi menurut dia, perubahan perlu dilakukan di lini serang agar bisa mencetak gol. Ia mengatakan, pemain seperti Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri layak diberi kesempatan untuk mendampingi Dendy Sulistyawan. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Setara dengan Vietnam, Park Hang-seo: Buktikan di Lapangan!

"Saya menduga, Witan akan diturunkan di laga ini sejak awal. Karena menurut dia, Witan itu konversi peluang menjadi gol lebih besar daripada pemain lain," lanjutnya. 

"Jadi susunan pemain belakang akan tetap. Rachmat Irianto akan bertindak sebagai gelandang bertahan, didampingi dengan Marc Klok sebagai gelandang tengah yang bisa membagi bola."

"Tapi di depan kemungkinan akan ada perubahan drastis. Witan, hemat saya, akan kembali sejak menit awal. Egy juga bisa diberi kesempatan lagi."

"Memang harus banyak perubahan terutama dalam hal finishing," pungkasnya. 

Duel leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Indonesia akan dilangsungkan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Dengan hasil imbang 0-0 pada leg pertama yang dimainkan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Jumat (6/1) lalu, Fachrudin Aryanto dkk wajib menang atas Vietnam atau setidaknya menahan imbang dengan gol demi lolos ke final Piala AFF 2022. 

Baca Juga: Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Diminta Waspadai Teror Suporter Vietnam


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x