Kompas TV olahraga sepak bola

Kabar Duka, Legenda Timnas Italia Gianluca Vialli Meninggal Dunia

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 18:23 WIB
kabar-duka-legenda-timnas-italia-gianluca-vialli-meninggal-dunia
Legenda Timnas Italia, Gianluca Vialli meninggal dunia di usia 58 tahun pada Jumat (6/1/2023). (Sumber: Bleacher Report)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Legenda Timnas Italia, Gianluca Vialli meninggal dunia di usia 58 tahun pada Jumat (6/1/2023).

"Legenda sepak bola Italia Gianluca Vialli meninggal dunia," tulis Associated PressJumat (6/1).

Diketahui, Vialli didiagnosa menderita kanker pankreas sejak 2017 silam. Tetapi, pada April 2020 silam, eks pemain Chelsea, Juventus, Cremonese, dan Sampdoria menyatakan diri telah sembuh. 

"Kami tidak akan melupakan 141 gol Anda, tendangan overhead Anda, kemeja kasmir Anda, anting-anting Anda, rambut pirang platinum Anda, jaket bomber Ultras Anda," tulis ucapan bela sungkawa dari Sampdoria, dikutip dari laman resmi klub. 

"Anda memberi kami begitu banyak, kami memberi Anda begitu banyak: ya, itu adalah cinta, timbal balik, tak terbatas. Cinta yang tidak akan mati hari ini bersamamu."

Baca Juga: Mengenang Kepergian Pele, Toko Sepak Bola Pele di California Ramai Didatangi Penggemar

Profil Gianluca Vialli 

Gianluca Vialli adalah seorang pemain sepak bola Italia yang lahir pada tanggal 9 Juli 1964 di Cremona, Italia. Ia merupakan salah satu pemain sepak bola terkenal di era 1980-an dan 1990-an. Selama kariernya, Vialli membela beberapa tim, di antaranya Cremonese, Sampdoria, Juventus, dan Italia.

Vialli memulai karier profesionalnya di Cremonese pada tahun 1982. Setahun kemudian, ia pindah ke Sampdoria, di mana ia menjadi salah satu pemain terpenting dalam tim tersebut.

Dia turut membantu Sampdoria meraih beberapa prestasi, di antaranya Piala Italia pada tahun 1985 dan 1989, serta Scudetto pada tahun 1991. Pada tahun 1992, Vialli pindah ke Juventus, di mana ia membantu tim tersebut meraih Scudetto pada tahun 1995.

Baca Juga: Kasus Meninggalnya Maradona Masih Jadi Misteri, 8 Tersangka Siap Diadili

Selain bermain sepak bola, Vialli juga merupakan salah satu pemain sepak bola Italia yang paling produktif di level internasional. Ia membela timnas Italia pada tahun 1986 hingga 1999. Setelah pensiun dari sepak bola pada tahun 1999, Vialli melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Ia menjadi pelatih Chelsea pada tahun 1998 hingga 2000, dan membantu tim tersebut meraih beberapa prestasi, di antaranya Piala FA pada tahun 2000 dan Piala Liga pada tahun 1998. Selain itu, Vialli juga pernah menjadi pelatih Watford pada tahun 2001 hingga 2002.

Baca Juga: Legenda Inter Milan dan Mantan Pelatih di Serie A Sinisa Mihajlovic Tutup Usia

Selain kariernya di dunia sepak bola, Vialli juga terlibat dalam beberapa kegiatan sosial dan bisnis. Ia merupakan penulis beberapa buku, di antaranya "The Italian Job" dan "Gianluca Vialli: The Autobiography". Selain itu, ia juga merupakan anggota dewan direksi beberapa perusahaan, di antaranya Mapei dan Sky Italia.

Kesuksesan Vialli di dunia sepak bola telah mengantarkannya menjadi salah satu tokoh terkenal di Italia. Ia merupakan contoh yang baik bagi para pemain sepak bola muda, dan dihargai oleh banyak orang di seluruh dunia.

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press/BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x