Kompas TV olahraga sepak bola

Berpotensi Jumpa Indonesia di Semifinal Piala AFF, Pelatih Vietnam Minta Jaminan Keamanan

Kompas.tv - 3 Januari 2023, 17:28 WIB
berpotensi-jumpa-indonesia-di-semifinal-piala-aff-pelatih-vietnam-minta-jaminan-keamanan
Foto: Park Hang-seo di ajang SEA Games 2021, Minggu (8/5/2022) (Sumber: VN Express)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

HANOI, KOMPAS.TV - Pelatih Vietnam, Park Hang-seo meminta jaminan keamanan apabila mereka berjumpa Timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2022. 

Vietnam merupakan tim dengan potensi terbesar sebagai calon lawan Indonesia di babak semifinal. Pasalnya, mereka untuk sementara masih berstatus sebagai pemuncak Grup B, dan Indonesia dipastikan ke empat besar sebagai runner up Grup A. 

Syarat utama dua tim berjumpa di semifinal adalah Vietnam harus mampu mengalahkan Myanmar dalam laga pamungkas Grup B yang berlansung di Stadion My Dihn, Selasa (3/1/2023) malam WIB. 

Melihat kans berjumpa dengan Indonesia, Park Hang-seo mengungkapkan satu hal yang ia khawatirkan, yakni masalah keamanan jika melakoni laga tandang ke Tanah Air.

Baca Juga: Soal Pelemparan Bus Timnas Thailand, Polisi Klaim Pengamanan Sudah Sesuai SOP 

Juru taktik asal Korea Selatan itu meminta suporter Indonesia agar mengetahui batasan. 

Thailand dikabarkan menjadi korban kefanatikan suporter Indonesia. Itu merujuk pada beredarnya video di media sosial yang memperlihatkan tindakan sekelompok orang di kanan-kiri satu bus. Dalam bus tersebut terlihat sejumlah orang yang mengenakan kaos putih bertuliskan Thailand. Bus "rombongan Timnas Thailand diserang" oleh suporter ketika hendak masuk ke area Stadion Gelora Bung Karno. 

"Kami juga tahu bahwa setiap turnamen akan memiliki penggemar yang gila, bahkan holigan," kata Park Hang-seo yang dikutip dari Thanh Nien, Selasa (3/1/2023).

"Sepak bola adalah stimulan kebanggaan nasional yang hebat. Namun hal itu terkadang menimbulkan perilaku irasional yang sulit dikendalikan."

Baca Juga: Piala AFF 2022: Cerita Nadeo soal Cedera, Terasa Sakit Dibuat Jalan, Bakal Absen di Semifinal?

"Saya pikir supoter Timnas Indonesia seharusnya tidak dan tidak boleh melakukan itu."

Park Hang-seo hanya tidak ingin anak asuhnya bernasib sama seperti Thailand. Ia meminta jaminan keamanan untuk para pemain Timnas Vietnam. 

"Saya tidak tahu persis situasi Thailand, tapi jika begitu Vietnam perlu menyorot masalah ini ketika menjalani laga tandang," sambung Park Hang-seo.

"Tim tamu butuh perlindungan di Indonesia dan jika mereka datang ke Vietnam, kami punya tanggung jawab melindunginya," ujar pelatih asal Korea Selatan ini.

Baca Juga: Pantas Saja STY Ngamuk, Ini Data Finishing Timnas Indonesia Ternyata Bapuk di Piala AFF 2022


 



Sumber : Kompas TV/Thanh Nien


BERITA LAINNYA



Close Ads x