Kompas TV olahraga sapa qatar

Suasana Perayaan Argentina Juara Piala Dunia di Kampung Halaman Messi dan Di Maria, Rosario

Kompas.tv - 19 Desember 2022, 16:44 WIB
suasana-perayaan-argentina-juara-piala-dunia-di-kampung-halaman-messi-dan-di-maria-rosario
Mural bintang sepak bola Argentina, Lionel Messi, terlihat di sebuah gedung di dekat Sungai Parana di Rosario, Argentina, Rabu, 14 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Rodrigo Abd)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

ROSARIO, KOMPAS.TV - Keberhasilan Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Prancis, Minggu (18/12/2022) disambut secara meriah di kampung halaman Lionel Messi, Rosario. Jalanan Rosario dibanjiri warga yang merayakan trofi Piala Dunia ketiga La Albiceleste, yang pertama sejak 1986.

“Kami juara! Itulah yang kami inginkan, lebih dari apa pun untuk (Messi) dan seluruh tim,” kata seorang warga Rosario, Santiago Ferris dikutip Associated Press.

Dua bintang dari Rosario pun tampil impresif di partai final Argentina vs Prancis, yakni Leo Messi dan Angel Di Maria. Dalam partai final Qatar 2022 dengan skor 3-3 hingga akhir perpanjangan waktu, Messi memborong dua gol, sedangkan Di Maria satu gol.

Baca Juga: Momen Lionel Messi Cium dan Angkat Trofi Piala Dunia 2022

La Albiceleste kemudian memenangkan partai final via adu penalti dengan skor 4-2.

Messi dan Di Maria sendiri dibesarkan oleh dua klub lokal Rosario yang dipisahkan rivalitas sengit, yakni Newell’s Old Boys (Messi) dan Rosario Central (DI Maria).

Akan tetapi, ketika Timnas Argentina berbaris menghadapi Kylian Mbappe dan kawan-kawan di Doha, suporter Newell’s dan Central mengenyahkan rivalitas dan bersatu mendukung La Albiceleste.

Begitu adu penalti dimenangkan, puluhan ribu warga pun berbondong ke Monumen Bendera Nasional di pusat kota Rosario untuk melihat Messi mengangkat trofi Piala Dunia.

Micaela Junco, warga Rosario mengaku bangga dengan peran penting Messi dan Di Maria dalam kemenangan Argentina atas Prancis.

“Karena mereka dari Rosario. Kami punya pemain terbaik, di sini, di Rosario!” kata Junco.

“Ini luar biasa bagi Argentina, bagi kami semua yang menatap ke arah yang sama. Menjadi yang terbaik sedunia itu tak ternilai,” lanjutnya usai La Albiceleste merengkuh trofi Piala Dunia ketiga.

Baca Juga: Argentina Juara Piala Dunia 2022, Jalanan Buenos Aires Dipenuhi Lautan Manusia yang Merayakannya


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x