Kompas TV olahraga sapa qatar

Profil Wasit Final Piala Dunia Szymon Marciniak: Pernah Menepi karena Jantung

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 21:17 WIB
profil-wasit-final-piala-dunia-szymon-marciniak-pernah-menepi-karena-jantung
Wasit Szymon Marciniak berbicara dengan Lionel Messi ketika pertandingan 16 Besar Piala Dunia 2022 Argentina vs Australia di Stadion Ahmad Bin Ali, Doha, Qatar, 3 Desember 2022. Pada Minggu (18/12/2022), Marciniak akan kembali mewasiti Messi di final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Wasit asal Polandia, Szymon Marciniak akan menjadi pengadil partai final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina vs Prancis, Minggu (18/12/2022) malam pukul 22.00 WIB.

Marciniak akan menjadi wasit Polandia pertama yang memimpin pertandingan final Piala Dunia.

Marciniak kembali mewasiti kompetisi bergengsi usai sempat menepi karena masalah jantung. Pada 2021 lalu, wasit yang kini berusia 41 tahun ini terpaksa melewatkan Piala Eropa karena takikardia (detak jantung lebih cepat dari normal).

Masalah jantung wasit asal Polandia itu berhasi dirawat dan Marciniak pun ditunjuk FIFA menjadi salah satu wasit di Piala Dunia 2022.

"Hanya saya dan tim saya tahu betapa sulitnya masa-masa itu untuk saya," kata Marciniak dikutip Associated Press.

Profil Szymon Marciniak

Szymon Marciniak lahir di Plock, Polandia pada 7 Januari 1981. Ia memulai karier sebagai wasit sepak bola pada usia 21 tahun. 

Baca Juga: Link Live Streaming Final Piala Dunia 2022 Qatar: Argentina vs Prancis

Awalnya, ia menjadi wasit sekaligus menjadi pesepakbola amatir. Sejak 2006, ia memutuskan untuk menjadi wasit sepak bola secara profesional.

Sejak menjadi wasit yang terdaftar FIFA pada 2011, Marciniak telah mengadili laga-laga kompetisi bergengsi seperti Europa League, Liga Champions, Piala Eropa, dan Piala Dunia.

Wasit Liga Ekstraklasa Polandia ini pernah menjadi wasit kepala final Piala Eropa U-21 pada 2015. Ia juga menjadi wasit kepala di partai Piala Super UEFA antara Real Madrid vs Atletico Madrid pada 2018.


 

Di Rusia 2018 lalu, FIFA pun menunjuk Marciniak sebagai salah satu wasit. Ia menjadi wasit dua pertandingan fase grup antara Argentina vs Islandia dan Jerman vs Swedia di Piala Dunia 2018.

Di Qatar 2022, Marciniak sudah pernah mewasiti pertandingan dua finalis, Argentina dan Prancis. Ia mengadili pertandingan Grup D antara Prancis vs Denmark dan partai 16 Besar antara Argentina vs Australia.

Di final Piala Dunia 2022, Marciniak akan dibersamai asisten wasit asal Polandia, salah satunya hakim garis Tomasz Listkiewicz.

Pertandingan Argentina vs Prancis pun berarti spesial bagi Listkiewicz. Pasalnya, ayah Tomasz, Michal Listkiewicz juga menjadi hakim garis final Piala Dunia 1990, ketika Argentina takluk 1-0 dari Jerman Barat.

Baca Juga: Argentina vs Prancis, Lionel Scaloni Berharap Wasit Berlaku Adil di Final Piala Dunia 2022

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x