Kompas TV olahraga sapa qatar

Kroasia vs Maroko: Tarian Terakhir Luka Modric di Piala Dunia?

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 19:45 WIB
kroasia-vs-maroko-tarian-terakhir-luka-modric-di-piala-dunia
Ilustrasi. Ekspresi kecewa kapten Timnas Kroasia, Luka Modric (kiri) berserta Andrej Kramaric dan Dejan Lovren usai kalah dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 kontra Argenitna di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022). (Sumber: AP Photo/Frank Augstein)

DOHA, KOMPAS.TV - Pertandingan Kroasia vs Maroko dalam play-off perebutan tempat ketiga Qatar 2022 dapat menjadi penampilan terakhir Luka Modric di ajang Piala Dunia. Legenda Kroasia ini pun berpeluang pensiun menyusul penampilan impresif di Rusia 2018 dan Qatar 2022.

Jadwal pertandingan Kroasia vs Maroko sendiri sedianya bakal dilangsungkan di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, Sabtu (17/12/2022) Pukul 22.00 WIB.

Sebelum memulai kiprah di Qatar 2022, juga melawan Maroko, di partai pertama penyisihan grup, Modric sendiri sempat menyatakan keinginannya juara Piala Dunia.

“Apabila kami juara Piala Dunia, itu akan luar biasa. Jika itu terjadi, saya bisa pensiun,” kata Modric dikutip laman resmi FIFA.

Baca Juga: Maroko vs Kroasia, Walid Regragui: Bakal Jadi Pertandingan Terburuk

Akan tetapi, kendati sukses mengeliminasi Jepang dan Brasil, skuad Vatreni mesti takluk 3-0 di tangan Argentina pada babak semifinal. Kekalahan ini sekaligus memupus kembali harapan anak asuh Zlatko Dalic juara Piala Dunia.

Sejak awal Qatar 2022, Kroasia sendiri menyita perhatian usai sukses menerakan performa impresif seperti ketika lolos ke final Rusia 2018. Modric pun kembali menjadi kunci dalam skema permainan Zlatko Dalic.

Sejak melakoni debut timnas pada 2006 silam, Modric berkembang menjadi salah satu pemain kunci Vatreni. Ia masuk daftar pemain yang dibawa ke Jerman untuk Piala Dunia 2006 silam.

Pada Agustus 2006, Modric kemudian mencetak gol pertamanya untuk Kroasia dalam partai persahabatan lawan Italia, kampiun Piala Dunia tahun itu.

Di Piala Eropa 2008, Modric kemudian menjadi pemain termuda Kroasia yang mencetak gol di ajang Piala Eropa. Ia pun sukses masuk ke tim terbaik turnamen kendati dieliminasi Turki di babak perempat final.

Walaupun Kroasia gagal lolos dari fase grup di Piala Eropa 2012, Modric tetap direkrut oleh Real Madrid usai tampil bersinar bersama timnas dan Tottenham Hotspur. Bersama Los Blancos, Modric kemudian meraih berbagai trofi bergengsi seperti La Liga, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Pada 2018, Modric akhirnya dianugerahi Ballon d’Or sebagai apresiasi atas kapasitasnya sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Penampilan gemilang bersama Madrid dan kesuksesan Kroasia menembus final Rusia 2018 menjadi alasan terpilihnya Modric.

Jelang Kroasia vs Maroko, Modric telah menjadi pemain dengan rekor penampilan terbanyak bersama Timnas Kroasia, yakni 161 caps sejauh ini. Kendati gagal menembus final, Modric akan diberi kredit yang pantas jika pensiun usai berkiprah di Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: Kroasia vs Maroko Malam Ini: Prediksi Line Up, Head to Head, dan Statistik


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x