Kompas TV olahraga sapa qatar

Argentina vs Kroasia Piala Dunia 2022: Menanti Duel Messi vs Gvardiol

Kompas.tv - 13 Desember 2022, 20:37 WIB
argentina-vs-kroasia-piala-dunia-2022-menanti-duel-messi-vs-gvardiol
Josko Gvardiol (kiri) berduel dengan Neymar dalam pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 antara Kroasia vs Brasil, 9 Desember 2022. (Sumber: Petr David Josek/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DOHA, KOMPAS.TV - Pertandingan Argentina vs Kroasia dijadwalkan berlangsung dalam semifinal Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB. Salah satu duel yang patut dinanti dalam pertandingan ini adalah antara Lionel Messi vs Josko Gvardiol.

Walaupun sudah berusia 35 tahun, Messi masih menjadi pemain kunci dalam keberhasilan Argentina menembus semifinal Qatar 2022. Penyerang Paris Saint-Germain ini memimpin daftar top skor dan pencetak asis terbanyak di skuad La Albiceleste.

Dari lima pertandingan hingga semifinal, Messi telah mencetak empat gol dan dua assist. Torehan golnya pun hanya kalah dari Kylian Mbappe (5) dalam daftar top skor sementara Qatar 2022.

Dalam Piala Dunia kelimanya ini, Messi juga telah mencetak rekor sebagai satu-satunya pemain yang sukses memberi assist di lima edisi Piala Dunia.

Baca Juga: Jelang Lawan Argentina, Luka Modric: Lionel Messi Masalah Besar bagi Kroasia

Selain itu, Messi berhasil mengimbangi rekor Gabriel Batistuta sebagai pencetak gol terbanyak Argentina di ajang Piala Dunia. Messi dan Batistuta telah mencetak 10 gol untuk Argentina di turnamen akbar ini.

Akan tetapi, palang pintu Kroasia yang akan menghalangi Messi dan kawan-kawan, Josko Gvardiol juga tak bisa dianggap remeh. Penampilan gemilang bek RB Leipzig selama Qatar 2022 ini membuat namanya dikaitkan dengan sejumlah klub besar.

Walau masih 20 tahun, Gvardiol berperan penting dalam keberhasilan Kroasia menembus semifinal Piala Dunia 2022. Berpasangan dengan Dejan Lovren, penampilan gemilang Gvardiol membuat Vatreni hanya kebobolan tiga gol sepanjang turnamen.

Di antara empat semifinalis Piala Dunia 2022, hanya Maroko yang memiliki rekor pertahanan lebih baik dibanding Kroasia, hanya kebobolan satu gol.

Usai memulai karier profesional bersama Dinamo Zagreb pada usia 17 tahun, permainan Gvardiol segera membawanya ke level elite Eropa. Penampilan gemilang bersama RB Leipzig membuatnya dipandang secara luas sebagai salah satu talenta pemain bertahan terbaik saat ini.

Gvardiol sendiri sejauh ini telah mengemas 17 caps bersama Timnas Kroasia. Rekan setim Gvardiol di Kroasia, Josip Juranovic menyebut bek RB Leipzig itu akan menjadi pemain bertahan hebat nantinya.

"Gvardiol adalah pemain yang luar biasa. Dia berlatih dengan baik dan mau belajar. Saya yakin dia akan menjadi pemain bertahan yang benar-benar hebat," kata Juranovic dikutip laman resmi FIFA.

Baca Juga: Hati-Hati Messi, Kroasia Bertekad Akhiri Impian Bintang Argentina Juara Piala Dunia 2022


 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x