Kompas TV olahraga sapa qatar

Terancam Tak Laku Usai Didepak MU, Ronaldo Merantau ke Arab?

Kompas.tv - 23 November 2022, 20:40 WIB
terancam-tak-laku-usai-didepak-mu-ronaldo-merantau-ke-arab
Ilustrasi. Cristiano Ronaldo dan manajer Manchester United, Erik ten Hag. (Sumber: sportsmole.co.uk)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo resmi berstatus tanpa klub usai kontraknya diputus Manchester United pada Selasa (22/11/2022). Pertanyaan tentang akan ke mana Ronaldo berlabuh selanjutnya pun mengemuka di tengah gelaran Piala Dunia 2022.

Turnamen Qatar 2022 adalah satu-satunya ajang unjuk gigi pemain 37 tahun itu sebelum kompetisi antarklub aktif kembali. Kiprah bersama Selecao das Quinas di Piala Dunia pun sekaligus menjadi ajang Ronaldo menarik perhatian calon klub anyar.

Akan tetapi, terdapat sejumlah faktor yang membuat ketertarikan serius terhadap Ronaldo baru begitu minim. Selain faktor usia, gaji besar peraih Ballon d'Or terbanyak kedua ini juga menjadi problem.

Associated Press melaporkan, Ronaldo ditaksir mendapatkan 500.000 paun per pekan di Manchester United, sebelum klub itu mendepaknya gara-gara wawancara kontroversial bersama wartawan senior Piers Morgan.

Apabila Ronaldo masih ingin bermain di Liga Champions, diyakini hanya sedikit klub level UCL yang mampu memenuhi tuntutan finansial sang pemain. 

Baca Juga: Ronaldo usai Diputus Kontrak MU: Ini Waktu yang Tepat untuk Mencari Tantangan Baru

Apabila menilik kondisi klub, terdapat sejumlah klub yang memerlukan penyerang pelapis untuk mengarungi musim ini.

Di antaranya adalah Real Madrid dan Bayern Muenchen yang mesti kehilangan Karim Benzema dan Sadio Mane dalam waktu cukup lama karena cedera.

Akan tetapi, belum ada klub level Liga Champions yang menunjukkan ketertarikan serius kepada Ronaldo.

Sementara itu, jika ingin pindah ke klub Premier League, sejauh ini juga belum ada klub yang menunjukkan ketertarikan serius. Chelsea sempat mempertimbangkan perekrutan Ronaldo, tetapi tidak diwujudkan.


 

Chelsea pun diduga tidak akan kepincut Ronaldo karena sudah memiliki Pierre-Emerick Aubameyang dan eks Real Madrid itu tidak cocok dengan perencanaan jangka panjang Graham Potter.

Piers Morgan sendiri menjagokan Ronaldo pindah ke pemuncak klasemen sementara Premier League saat ini, Arsenal. Namun, kemungkinannya cukup kecil karena portfolio Mikel Arteta lekat dengan pengembangan tim muda.

Klub Inggris yang dipandang memiliki kapasitas finansial untuk merekrut Ronaldo adalah Newcastle United dan Manchester City. Namun, keduanya belum menunjukkan ketertarikan apa pun.

Satu-satunya ketertarikan kepada Ronaldo yang cukup serius saat ini datang dari klub-klub Arab Saudi. Walaupun dapat dikatakan penurunan dalam hal menit keolahragaan, Ronaldo berpeluang mendapat uang banyak jika merantau ke Arab Saudi.

Selain itu, Ronaldo juga berpeluang pindah ke Amerika Serikat (AS) atau pulang ke Sporting Lisbon. Namun, jika memilih Sporting, Ronaldo dipastikan bakal mendapat potongan gaji yang cukup signifikan.

Sementara itu, di MLS, Ronaldo juga diperkirakan tidak akan mendapat gaji sebesar di Manchester United. Namun, manusia dengan pengikut Instagram terbesar di dunia ini berpeluang memasuki pasar AS yang besar.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo: Saya Ingin Sekakmat Messi di Sepak Bola



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x