Kompas TV olahraga sepak bola

Dorong Kompetisi Sepak Bola Nasional, Menpora Sebut Kelanjutan Liga 1, 2 dan 3 Ada di Tangan Polri

Kompas.tv - 3 November 2022, 17:55 WIB
dorong-kompetisi-sepak-bola-nasional-menpora-sebut-kelanjutan-liga-1-2-dan-3-ada-di-tangan-polri
Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa izin kelanjutan Liga 1 merupakan wewenang Polri. (Sumber: Antara Photo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

PADANG, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendorong kompetisi sepak bola nasional baik Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 agar bisa kembali bergulir.

"Kelanjutan kompetisi bergantung pada izin keramaian dari kepolisian, itu ada di sana (PSSI dan kepolisian), bukan pada kami," kata dia saat melakukan kunjungan di Padang, Kamis (3/11/2022), dikutip dari Antara.

Menurut Menpora, saat ini PSSI bersama kepolisian sedang merancang standar operasi dan prosedur (SOP) pelaksanaan pertandingan sepak bola yang mengacu pada statuta FIFA, statuta PSSI, dan peraturan internal kepolisian.

"SOP ini nantinya yang akan menjadi pegangan seluruh penyelenggaraan pertandingan sepak bola di Indonesia," jelas Menpora.

"Kita pemerintah selalu bersemangat untuk hal itu," sambungnya.

Menpora mengaku, sudah banyak desakan dari klub yang meminta agar kompetisi ini segera bergulir kembali karena mereka memiliki kontrak dengan pemain dan pemain asing.

Baca Juga: Menpora Sebut Pemerintah Tak Akan Ikut Campur KLB PSSI

"Saya paham apa yang dirasakan mereka dan memang ada dampak ekonomi yang besar karena liga ini belum berjalan. Sekali lagi saya katakan, untuk perizinan ada di kepolisian, bukan dari kami," kata dia.


Sebelumnya diberitakan, PSSI masih harus menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) hasil rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

Dalam rekomendasi tersebut juga disebutkan bahwa pemerintah tidak akan memberikan izin pertandingan sepak bola profesional di bawah PSSI, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 sampai ada perubahan dan kesiapan yang signifikan dari PSSI dalam mengelola kompetisi sepak bola tanah air.

Baca Juga: Menpora Jamin Shin Tae-yong Tetap Juru Taktik Timnas Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x