Kompas TV olahraga sepak bola

Tulis Komentar Positif selama Piala Dunia 2022, Qatar akan Beri Bayaran ke Penggemar

Kompas.tv - 2 November 2022, 02:05 WIB
tulis-komentar-positif-selama-piala-dunia-2022-qatar-akan-beri-bayaran-ke-penggemar
Ilustrasi. Sebuah instalasi yang dipasang menyambut gelaran Piala Dunia 2022 di Doha Exhibition and Convention Center, Doha, Qatar. Foto diambil pada 31 Maret 2022. (Sumber: Darko Bandic/Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - The Supreme Committee for Delivery and Legacy (SC) yang menyelenggarakan Piala Dunia 2022 bulan ini di Qatar, telah mengonfirmasi bahwa mereka mengundang dan memberi bayaran kepada sejumlah penggemar untuk menghadiri turnamen sebagai tamu dengan imbalan menulis komentar positif di media sosial.

Dilansir dari The Athletic, Selasa (1/11/2022), konfirmasi itu muncul setelah penyelidikan dari media publik Belanda NOS, melaporkan pada hari Minggu kemarin bahwa 50 penggemar asal negara mereka mengantongi penerbangan dan penginapan hotel yang didanai oleh SC.

Akan tetapi sebagai imbalannya, para penggemar tersebut diminta untuk menyetujui “kode etik” yang meminta mereka untuk menandai “setiap komentar yang menyinggung, merendahkan, atau menghina”, serta mengunggah unggahan mereka sendiri secara positif.

Kode etik tersebut juga mengatakan bahwa penggemar harus "memasukkan konten SC ke dalam unggahan mereka" dan "mendukung Piala Dunia dengan 'menyukai' dan membagikan ulang unggahan tentang Piala Dunia".

Namun, SC mengingatkan kepada para penggemar itu bahwa mereka bukan “juru bicara Qatar”, dan harus terbuka tentang posisi mereka – meskipun tidak pantas bagi mereka untuk “meremehkan” kompetisi.

Laporan yang dirilia NOS itu mengutip dua penggemar Belanda yang telah menjadi bagian dari Jaringan Pemimpin Penggemar Qatar, sebuah kelompok yang beranggotakan 400 penggemar dari 60 negara yang telah mengunjungi venue Piala Dunia beberapa kali selama beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Timnas Jepang Umumkan 26 Pemain untuk Piala Dunia 2022 Qatar, Tiada Nama Kyogo Furuhashi

Para penggemar tersebut juga mengeklaim bahwa mereka telah diizinkan untuk merekomendasikan 50 penggemar lain untuk bergabung dengan mereka di Qatar.

Menanggapi laporan NOS, juru bicara SC mengatakan bahwa mereka memang mengundang para penggemar tersebut untuk berterima kasih atas dukungan yang diberikan.

“Saat turnamen semakin dekat, kami telah mengundang para pemimpin penggemar kami yang paling aktif untuk secara pribadi menominasikan sejumlah kecil penggemar untuk bergabung dengan kami sebagai tamu kami, sebagai cara untuk berterima kasih kepada mereka atas dukungan kolaborasi mereka," kata perwakilan SC. 

SC sendiri tidak mengonfirmasi berapa banyak total penggemar yang mereka undang atau bagaimana rincian lebih lanjut tentang biayanya.

Piala Dunia 2022 mendatang akan dimulai pada 20 November.

Pertandingan pertama akan mempertemukan tuan rumah Qatar yang menjamu Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor.  

Baca Juga: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022


 



Sumber : The Athletic



BERITA LAINNYA



Close Ads x