Kompas TV olahraga f1

Resmi! Audi Masuk Balapan F1 Bareng Tim Sauber pada Musim 2026

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 19:05 WIB
resmi-audi-masuk-balapan-f1-bareng-tim-sauber-pada-musim-2026
Ilustrasi. Audi akan masuk balap Formula 1 bareng tim Sauber mulai musim 2026. (Sumber: Twitter @audisport)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu raksasa otomotif Jerman, Audi, telah mencapai kesepakatan dengan Sauber untuk menjadikan tim Formula 1 asal Swiss itu sebagai mitra kerja mulai tahun 2026.

Audi mengatakan bahwa Sauber, yang saat ini berjalan di bawah bendera Alfa Romeo, akan menjadi 'mitra strategis' untuk program F1 mereka sekaligus berencana mengakuisisi saham di Sauber Group.

"Kami [Audi] senang telah mendapatkan mitra yang berpengalaman dan kompeten untuk proyek Formula 1 ambisius kami..."

"Kami sudah mengenal Sauber Group dengan fasilitas mutakhir dan tim berpengalaman dari kolaborasi sebelumnya dan yakin bahwa bersama-sama kita akan membentuk tim yang kuat," ujar Anggota Dewan Audi AG yang bertanggung jawab untuk program F1, Oliver Hoffmann, yang dikutip web resmi Formula 1, Rabu (26/10/2022).

"Audi adalah mitra strategis terbaik untuk Sauber. Jelas bahwa kami berbagi nilai dan visi, dan kami berharap dapat mencapai tujuan bersama kami dalam kemitraan yang kuat dan sukses," sambung Ketua Dewan Direksi Sauber, Finn Rausing.

Audi diketahui akan membuat 'power unit' mereka di markasnya di Neuburg, Jerman, di mana sudah lebih dari 120 orang mengerjakan proyek tersebut.

Sementara Sauber akan mengembangkan dan memproduksi mobil balap mereka di kantor pusatnya di Hinwil, Swiss, serta juga akan bertanggung jawab dalam merencanakan dan melaksanakan operasi balapan.

Baca Juga: Guardiola: Haaland akan Habiskan Waktu World Cup 2022 Main Golf di Spanyol

Audi mengumumkan pada bulan Agustus lalu mereka akan bergabung dengan F1 sebagai pemasok mesin, ketika peraturan baru soal mesin yang akan menampilkan peningkatan daya listrik dan bahan bakar berkelanjutan 100 persen, yang mana diperkenalkan dalam empat tahun lagi, yakni 2026.

Menjelang kedatangan Audi, Alfa Romeo akan mengakhiri sponsorship Sauber pada akhir musim 2023.


 

Kemudian tim F1 asal Swiss itu akan terus menggunakan mesin Ferrari hingga akhir musim 2025, sebelum Audi mengambil alih power unit untuk musim berikutnya.

Audi, yang merupakan bagian dari Grup Volkswagen, melakukan perluasan fasilitas Neuburg mereka dalam hal personel, bangunan, dan infrastruktur teknis yang 'sebagian besar dilakukan pada tahun 2023' karena mereka berniat melakukan tes pertama mesin musim 2026 di mobil uji F1 2025.

Baca Juga: Ada Klausul Anti Manchester United di Kontrak Brahim Diaz, Begini Hitung-hitungannya



Sumber : Formula 1


BERITA LAINNYA



Close Ads x