Kompas TV olahraga kompas sport

Jeka Saragih, Atlet MMA asal Simalungun yang Sikat K.O Fighter Korsel dalam Road to UFC

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 06:59 WIB
jeka-saragih-atlet-mma-asal-simalungun-yang-sikat-k-o-fighter-korsel-dalam-road-to-ufc
Jeka Seragih saat menang KO lawan Ki Won-bin di ajang Road to Semifinal UFC, Minggu (23/10/2022) malam WIB, di Uni Emirat Arab. (Sumber: Mola)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Atlet Mix Martial Art (MMA) asal Indonesia, Jeka Saragih, semalam menang KO atas wakil Korea Selatan Ki Won-bin, Minggu (23/10/2022) di Uni Emirat Arab.

"Saya sempat ngeblank karena dia (Ki Won-bin-red) terus memojokkan saya pada awal ronde pertama. Namun, saya terus berusaha. Pelatih juga terus memberi instruksi 'move, move, move'" kata Jeka, melansir Kompas.com.

"Saya kemudian berusaha untuk berputar, sampai akhirnya mendapatkan kesempatan menyikat dia (pukul KO-red)." kata Jeka.

Profil Jeka Saragih

Jeka Saragih merupakan atlet MMA asal Simalungun, Pematang Siantar, Sumatera Utara. Petarung berusia 28 tahun itulahir pada 3 Juli 1995. Atas kekuatannya, Jeka kini kondang dengan julukan 'Si Tendangan Maut'.

Ketertarikan Jeka pada dunia bela diri sebenarnya bukan hal baru. Awalnya, ia sempat menekuni bela diri Wushu, berkompetisi di Filipina pada 2013 dan mewakili Sumatera Utara dalam kejuaraan nasional.

Menariknya, Jeka juga pernah tak direstui orang tua ketika ingin bergelut di Pekan Olahraga Nasional 2015. Setelah itu, ia akhirnya merantau ke Batam.

Tak mau menyerah, di perantauan Jeka magang bersama Batam Fighter Club (BFC) milik Yakop Sutjipto. Kemampuannya yang dinilai mumpuni membuat Jeka ditawari untuk tampil dalam kejuaraan One Pride, kompetisi MMA.

Di turnamen itu lah, Jeka meraih kesuksesan perdana pada 2017, saat menjuarai MMA One Pride kelas 70 kg. Namanya kian melambung karena setahun kemudian ia merengkuh gelar juara kelas ringan.

Baca Juga: Jadwal Padat Timnas U20 Indonesia Selama TC: Pagi di Gym, Sore di Lapangan

Debut dan Rekor Internasional

Setelah berjaya di dunia MMA dalam negeri, Jeka melakoni debut internasional kontra fighter Filipina, Mhar John Manahan, pada 2019.

Ajang bertajuk One Pride MMA Pro Never Quit Fight Night 32 di GOR GBK Senayan itu berujung manis, karena Jeka mengukir kemenangan untuk debut internasionalnya.

Di sisi lain, hasil terbaru kontra Ki Won-bin malam tadi, Minggu (23/10), membuahkan rekor sendiri. Jeka kini berstatus fighter MMA pertama dari Indonesia yang bisa tembus sampai babak semifinal Road to UFC.

Baca Juga: Menpora Ingin Senam SKJ Dibangkitkan Lagi di Sekolah: biar Bugar dan Berprestasi

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x