Kompas TV olahraga kompas sport

Klub-Klub Premier League Pecahkan Rekor Pengeluaran di Jendela Transfer, Capai Rp26 Triliun!

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 21:30 WIB
klub-klub-premier-league-pecahkan-rekor-pengeluaran-di-jendela-transfer-capai-rp26-triliun
Darwin Nunez menjadi salah satu pemain termahal yang didatangkan oleh klub-klub Premier League di musim panas ini. (Sumber: Sky Sport)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Klub-klub Premier League telah memecahkan rekor pengeluaran mereka di jendela transfer musim panas ini. 

Menurut analisis dari perusahaan keuangan Deloitte, mereka telah menghitung bahwa klub-klub Inggris sudah menghabiskan 1,5 miliar pounds atau sekitar Rp26 triliun sejauh musim panas ini, melampaui rekor sebelumnya sebesar 1,4 miliar pounds pada tahun 2017.

Jumlah tersebut kemungkinan besar akan masih bertambah karena jendela transfer masih dibuka seminggu lagi hingga tanggal 1 September.

Jika dibandingkan dengan pengeluaran pada pada tahun 2021, angka tahun ini jauh lebih tinggi daripada 1,1 miliar pounds yang dikeluarkan klub Premier League di akhir jendela transfer musim panas tahun lalu. 

"Rekor jumlahn pengeluaran yang telah kita lihat di jendela transfer musim panas sejauh ini memberikan tanda bahwa model bisnis klub Premier League telah pulih pasca-Covid," kata Chris Wood, asisten direktur di Grup Bisnis Olahraga Deloitte dikutip dari BBC, Kamis (25/8/2022). 

Baca Juga: Dejan Kulusevski, Raja Assist Baru Premier League

"Meskipun ini menggembirakan, penting bagi klub menetapkan kebijakan pengeluaran yang bertanggung jawab dan berlebihan."

Beberapa transfer terbesar di musim ini di antaranya saat Liverpool menandatangani striker Uruguay Darwin Nunez dari Benfica senilai 64 juta pounds yang bisa mencapai 85 juta pounds.

Sementara Manchester United telah membawa gelandang Brazil Casemiro dengan tebusan 60 juta pounds dari Real Madrid dan bisa naik hingga 70 juta pounds. 


Tottenham Hotspur juga mengontrak pemain depan Brasil Richarlison dari Everton dalam sebuah transfer yang diyakini bernilai 60 juta pounds dan Manchester City yang mengamankan kedatangan striker Norwegia Erling Haaland seharga 51,2 juta pounds dari Borussia Dortmund.

Chelsea juga tak ketinggalan menggelontorkan dana besar untuk pemain depan Inggris Raheem Sterling dalam kesepakatan 50 juta serta mengamankan jasa bek Spanyol Marc Cucurella dari Brighton dengan nilai transfer lebih dari 60 juta pounds.

Baca Juga: Premier League Berencana Publikasikan Rekaman Percakapan Wasit Utama dengan Wasit VAR



Sumber : BBC Sport


BERITA LAINNYA



Close Ads x