Kompas TV olahraga kompas sport

Premier League Berencana Publikasikan Rekaman Percakapan Wasit Utama dengan Wasit VAR

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 05:51 WIB
premier-league-berencana-publikasikan-rekaman-percakapan-wasit-utama-dengan-wasit-var
Ilustrasi Video Assistant Referee (VAR) di Liga Premier Inggris. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Liga Primer Inggris berencana untuk mempublikasikan percakapan antara wasit utama dan wasit VAR di masa mendatang.

Penggunaan VAR telah diperkenalkan ke Liga Premier Inggris menjelang musim 2019/2020 dan telah menimbulkan pro dan kontra dari berbagai pihak. 

Selain masalah transparansi, keputusan VAR juga seringkali masih menimbulkan kontroversi karena keputusan yang diambil masih salah. 

Akan tetapi di masa depan, menurut The Times, rekaman audio dari percakapan antara wasit dan asisten videonya dapat dibagikan kepada  publik setelah pertandingan berakhir.

Richard Masters, kepala eksekutif Premier League, telah mengatakan bahwa sebagian besar pihak tak keberatan dengan rencana tersebut, dengan harapan bahwa itu akan memberi tahu para penggemar dengan lebih baik tentang proses pengambilan keputusan, meskipun detailnya masih harus diketahui dan akan memerlukan persetujuan lebih lanjut. 

"Ada pandangan umum bahwa (merilis audio) adalah hal yang baik,” kata Masters dilansir dari The Independent.

Baca Juga: Eden Hazard Tidak Suka Sepak Bola dengan VAR: Saya Ingin Menghapusnya

“Ada keinginan untuk lebih terbuka dengan penggemar tentang pengambilan keputusan wasit dan bagaimana kami melakukannya dengan tepat, kami perlu bekerja.”

Sementara terkait penayangan langsung percakapan antara wasit dengan VAR, saat ini masih tidak diizinkan oleh para petinggi asosiasi sepak bola di Inggris.

Kompetisi sepak bola di Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS), juga telah menguji coba berbagi rekaman percakapan antar wasit dengan merilisnya di platform YouTube.

Teknologi penggunaan VAR terbukti berhasil ketika pertama kali diperkenalkan pada ajang Piala Dunia 2018, tetapi dalam banyak kasus sering juga menimbulkan kontroversi sejak digunakan di Inggris.

Bahkan menjelang musim baru Liga Premier Inggris, ada keluhan tentang sistem tersebut setelah pertandingan Community Shield antara Manchester City dan Liverpool, Sabtu (30/7/2022) pekan lalu. 

Dalam pertandingan yang dimenangkan Liverpool dengan skor 3-1 itu, penggemar City mengeluh tentang penggunaan VAR yang tidak konsisten terkait dengan klaim handball yang dilakukan terhadap kedua tim.

Saat itu, dugaan handball bek The Reds Joel Matip tidak ditinjau, namun kemudian wasit memutuskan untuk melakukan peninjauan VAR setelah Ruben Dias dianggap melakukan handball yang pada akhirnya membuat Liverpool kemudian mendapat hadiah penalti. 

Baca Juga: FIFA akan Gunakan Teknologi Pendeteksi Offside Semi-Otomatis di Piala Dunia 2022 Qatar




Sumber : The Independent


BERITA LAINNYA



Close Ads x