Kompas TV olahraga kompas sport

Timnas Indonesia Paratenis TT8 Sabet Emas di ASEAN Para Games 2022

Kompas.tv - 31 Juli 2022, 17:28 WIB
timnas-indonesia-paratenis-tt8-sabet-emas-di-asean-para-games-2022
Logo ASEAN Para Games 2022 yang akan berlangsung di Solo. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kemenangan Suwarti dengan skor 11-9 pada game pamungkas menghadapi pemain tunggal Thailand, Sumalee Suangtho, mengantarkan Timnas Indonesia paratenis meja beregu putri kelas TT8 meraih emas pada awal kompetisi ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/7/2022).

Pada kelas ini, Indonesia hanya menghadapi Thailand. Diketahui, Tim beregu putri kelas TT8 Timnas Indonesia terdiri atas Hamida, Siti Fadilah, dan Suwarti.

Mereka bertiga menghadapi tim beregu putri Timnas Thailand yakni Kanlaya Chaiwut, Sumalee Suangtho.

Suwarti mengatakan Thailand menjadi lawan terberat selama kompetisi. Sebab, kedua negara ini selalu masuk final ASEAN Para Games. Awalnya, Suwarti mengaku gugup saat menghadapi pemain Thailand.

Baca Juga: ASEAN Para Games 2022: Pelatih Sepak Bola CP Thailand Keluhkan Jadwal Tanding

“Mungkin karena belum panas. Setelah pandemi, baru kali ini ada event besar. Kami benar-benar harus berpikir agar menang dan harus pintar,” ujar dia, saat ditemui wartawan seusai pertandingan di Solo Techno Park (STP), Surakarta, Minggu (31/7/2022).

Kemenangan ini membawa tim beregu Indonesia pada paratenis meja kelas TT8 mengantongi emas perdana. Indonesia unggul 2-0 atas Thailand.

“Alhamdulillah karena ini target medali emas satu sudah tercapai. Jadi, saya masih harus kerja keras lagi untuk tiga target lainnya,” ujar dia.

Suwarti menargetkan emas juga pada nomor ganda kelas TT8, ganda campuran kelas TT8, dan tunggal kelas TT8.

Pelatih Timnas Paratenis Meja Indonesia, Suwarno, mengaku senang atas perolehan emas dari Suwarti pada beregu putri kelas TT8. Capaian ini diharapkan menjadi motivasi semangat para pemain lain untuk menambah medali emas untuk Indonesia.

Baca Juga: Bekuk Thailand 3-2, Tim Sepak Bola CP Indonesia Targetkan Pertahankan Gelar Juara ASEAN Para Games

“Alhamdulillah hari ini masih on the track. Hari pertama adalah hari yang bagus. Mudah-mudahan bisa membawa emas-emas berikutnya,” ujar dia.

Suwarno menargetkan pada ajang APG 2022 di Surakarta, tim paratenis meja menyumbangkan sedikitnya 12 medali emas, 18 perak, dan 16 perunggu.

Menurut dia, peluang emas didulang dari kelas-kelas beregu lainnya seperti kelas TT9 putra, TT10 putra, TT8 putra, dan TT4 putra.

Selama ini, kekuatan timnas dibandingkan Thailand selalu unggul di tenis meja standing. Sedangkan, wheelchair selalu unggul Thailand.

“Wheelchair head to head juga dengan thailand. Tapi wheelchair cenderung ke Thailand. Mudah-mudahan targetnya melesat ke atas dari 12 emas tadi,” harap Suwarno.

Baca Juga: ASEAN Para Games 2022: Vietnam Mundur dari Cabor Wheelchair Tennis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x