Kompas TV olahraga kompas sport

FIBA Asia Cup 2022: Timnas Basket Indonesia Yakin Punya Peluang Kalahkan Australia

Kompas.tv - 15 Juli 2022, 23:02 WIB
fiba-asia-cup-2022-timnas-basket-indonesia-yakin-punya-peluang-kalahkan-australia
Pelatih Timnas Basket Indonesia yakin punya peluang untuk mengalahkan Australia di laga terakhir penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022, Sabtu (16/7/2022). (Sumber: Twitter @INA_Basketball)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jajaran pelatih Timnas Basket Indonesia yakin mereka punya peluang untuk mengalahkan Australia di laga terakhir penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022.

Indonesia akan menghadapi Australia di laga terakhir penyisihan grup dan wajib menang jika ingin membuka peluang untuk lolos ke FIBA World Cup 2023.

Namun laga melawan Australia tidak akan mudah karena tim berjuluk Boomers itu merupakan tim rangking 3 dunia sementara Indonesia hanya duduk di peringkat 95.

Meski begitu, asisten pelatih Timnas Basket Indonesia Johannis Winar memiliki keyakinan Marques Bolden dan kawan-kawan punya peluang untuk mengalahkan Australia. 

Syarat Indonesia agar bisa mengalahkan Australia adalah harus tampil dengan mengontrol diri sendiri dan semangat tinggi. 

“Kalau kita bermain dalam suatu sistem, percaya satu sama lain dengan fighting spirit, tetap ada kans kami menang," kata Johannis dikutip dari Antara, Jumat (15/7/2022). 

Para pemain Timnas Basket Indonesia menjalani latihan di GBK Arena hari ini dengan hanya diikuti oleh pemain cadangan.

Sementara pemain inti diberi waktu istirahat untuk memulihkan diri sebelum kembali bertanding pada Sabtu (16/7/2022) besok melawan Australia. 

Baca Juga: FIBA Asia Cup 2022: Timnas Basket Indonesia Takluk dari Yordania 65-74

Lebih lanjut, Johannis mengatakan bahwa kondisi seluruh pemain dalam kondisi fit, tidak ada yang cedera dan siap bertanding.

Timnas Basket Indonesia gagal mendapatkan kemenangan kedua di laga penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 usai kalah 65-74 dari Yordania, Kamis (14/7/2022) kemarin. 

Meski begitu, peluang Indonesia lolos ke perempat final masih terbuka, baik sebagai juara grup maupun playoff sebagai tim peringkat dua atau tiga dari Grup A.

Namun peluang Indonesia untuk menjadi juara grup cukup berat karena diwajibkan untuk mengalahkan Australia pada pertandingan terakhir pada Sabtu dengan syarat di pertandingan lain Arab Saudi juga harus mengalahkan Yordania.

Sementara apabila Yordania menang melawan Arab Saudi, Indonesia harus mengalahkan Australia dengan selisih minimal 14 poin.

Timnas Basket Indonesia sendiri sudah dipastikan lolos ke playoff berkat kemenangan besar atas Arab Saudi. 

Indonesia hanya perlu menunggu hasil laga Arab Saudi vs Yordania untuk memastikan lolos sebagai tim peringkat kedua atau ketiga.

Jika Yordania menang, Indonesia akan finis di peringkat ketiga dan jika Arab Saudi yang menang dengan selisih keunggulan di bawah 43 poin, Indonesia akan berakhir sebagai runnerup grup A.

Apabila lolos melalui jalur playoff, Timnas Basket Indonesia akan menghadapi lawan dari Grup B yang dihuni yang dihuni Korea Selatan, China, Taiwan dan Bahrain untuk memperebutkan tempat di perempat final FIBA Asia Cup 2022.

Baca Juga: FIBA Asia Cup 2022: DIjadwalkan Bertemu Indonesia, Pelatih Australia Waspadai Marques Bolden



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x