Kompas TV olahraga kompas sport

Format Kompetisi Toulon Cup 2022: Sistem Poin dan Play-off Peringkat

Kompas.tv - 5 Juni 2022, 06:07 WIB
format-kompetisi-toulon-cup-2022-sistem-poin-dan-play-off-peringkat
Pertandingan Timnas Indonesia U20 saat melawan Venezuela di Turnamen Toulon Cup 2022. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Turnamen Toulon Cup kembali digelar pada 2022 selepas ditiadakan dua tahun terakhir akibat situasi pandemi Covid-19.

Kali ini, 12 negara akan bertarung di ajang sepak bola prestisius kelompok usia muda dalam edisi ke-48, pada 29 Mei-12 Juni 2022.

Peserta Turnamen Toulon tahun ini di antaranya Argentina, Prancis, Panama, Arab Saudi, Ghana, Indonesia, Meksiko, Venezuela, Aljazair, Kolombia, Komoro serta Jepang.

Merujuk pada keterangan di laman resmi penyelenggara, sebanyak 12 timnas tadi dibagi dalam 3 grup, masing-masing grup terdiri atas 4 negara.

Pada babak penyisihan grup, kompetisi menggunakan sistem round-robin. Semua negara dipastikan saling bertemu dengan penghuni satu grupnya.

Selepas itu, 3 juara grup ditambah 1 runner-up terbaik akan melaju ke babak semifinal. Mulai pada fase ini, ajang Toulon Cup menggunakan sistem knock-out. Pemenang semifinal akan melaju ke partai puncak, sementara tim yang kalah memperebutkan juara 3.

Adapun tim yang tak lolos fase grup akan melakoni play-off memperebutkan peringkat 5, 7, 9 dan 11.  Dengan sistem yang demikian, pada akhir turnamen tersaji klasemen peringkat bagi 12 tim peserta.

Baca Juga: Update Klasemen, Jadwal dan Topskor Toulon Cup 2022: Indonesia U19 Berpeluang ke Semifinal

Sistem Poin Toulon Cup 2022

Pada babak penyisihan grup, Toulon Cup menggunakan sistem poin yang berbeda dari kompetisi pada umumnya. Tim pemenang akan diganjar 3 poin, sementara tim kalah tak mendapat poin. 

Menariknya, tim yang bermain seri masing-masing akan memperoleh 1 poin. Lalu pertandingan dilanjut dengan adu penalti untuk mencari pemenang dan tambahan 1 poin lagi.

Sehingga, tim yang mendulang kemenangan via adu penalti hanya akan memperoleh 2 poin. Adapun tim yang kalah via penalti tetap mendapat 1 poin.

Terlepas dari itu, apabila terdapat tim yang mengoleksi poin identik dalam klasemen grup, penentuan peringkat dilakukan bertahap, merujuk pada:

  1. Selisih gol
  2. Produktivitas gol
  3. Jumlah kebobolan
  4. Poin fairplay

Sebagai contoh, jelang matchday ketiga, Meksiko dan Indonesia di Grup B sama-sama memiliki 3 poin. Selisih gol masing-masing juga identik 0. Oleh sebab itu, peringkat ditentukan lewat produktivitas gol.

Tim Meksiko yang telah melesakkan 2 gol akhirnya menempati pos runner-up, sementara Indonesia di peringkat 3 karena baru mencetak 1 gol saja.

Baca Juga: Profil Timnas Meksiko U20, Calon Lawan Timnas Indonesia U19 di Toulon Cup 2022



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x