Kompas TV olahraga kompas sport

Orang Terkaya Inggris Ajukan Penawaran Beli Chelsea Rp72 Triliun!

Kompas.tv - 29 April 2022, 21:33 WIB
orang-terkaya-inggris-ajukan-penawaran-beli-chelsea-rp72-triliun
Sir Jim Ratcliffe ajukan penawaran untuk beli Chelsea 4 miliar pounds atau Rp72 triliun. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe, telah mengajukan tawaran untuk membeli Chelsea dengan nilai lebih dari 4 miliar pounds atau Rp72 triliun. 

Sebelumnya, tiga penawar telah bersaing untuk membeli Chelsea dengan harga lebih dari 2,5 miliar pounds. 

Akan tetapi, mereka sekarang menghadapi persaingan dari sang miliarder Inggris itu yang meluncurkan tawaran terakhir untuk membeli klub The Blues pada Jumat (29/4/2022) pagi.

Ratcliffe, pemilik perusahaan petrokimia raksasa, Ineos, pada Kamis (28/4/2022) mengadakan diskusi dengan ketua Chelsea Bruce Buck sebelum membuat penawarannya.

“Kami mengajukan penawaran pada (Jumat) pagi,” kata Ratcliffe kepada The Times dikutip dari The Athletic

“Kami adalah satu-satunya penawar dari Inggris. Motif kami hanya untuk mencoba dan membuat klub yang sangat bagus di London. Kami tidak memiliki motif keuntungan karena kami menghasilkan uang dengan cara lain," tuturnya. 

Baca Juga: Chelsea Sering Blunder, Thomas Tuchel Akui Belum Punya Solusi

Tawaran 4 miliar pounds dari Ratcliffe itu juga termasuk janji untuk menggelontorkan dana 1,75 miliar pounds selama sepuluh tahun ke depan untuk mengembangkan stadion, tim, dan infrastruktur klub.

Ineos juga mengonfirmasi tawaran untuk Chelsea itu melalui pernyataan resmi mereka yang menyatakan bahwa London harus memiliki klub yang mencerminkan status kota dan mempunyai prestasi sebesar Real Madrid, Barcelona atau Bayern Munich. 

“Kami percaya bahwa London harus memiliki klub yang mencerminkan status kota. Salah satu yang diadakan dalam hal yang sama seperti Real Madrid, Barcelona atau Bayern Munich. Kami berniat menjadikan Chelsea seperti klub-klub tersebut," bunyi pernyataan Ineos. 

“Kami melakukan investasi ini sebagai penggemar permainan yang indah – bukan sebagai sarana untuk menghasilkan keuntungan."

"Kami melakukannya dengan bisnis inti kami. Klub ini berakar pada komunitasnya dan para penggemarnya. Dan itu adalah niat kami untuk berinvestasi di Chelsea FC karena alasan itu.”

Pemilik Chelsea asal Rusia Roman Abramovich menjual kepemilikannya di Stamford Bridge tak lama sebelum dia dikenai sanksi atas dugaan hubungannya dengan presiden Rusia Vladimir Putin menyusul invasi ke Ukraina.

Dengan tawaran terbaru dari Ratcliffe ini, sekarang dia menjadi kandidat teratas orang yang selanjutnya bakal memimpin Chelsea.  

Baca Juga: 8 Janji Keluarga Ricketts jika Berhasil Akuisisi Chelsea

 

 



Sumber : Mirror/The Athletic


BERITA LAINNYA



Close Ads x