Kompas TV olahraga kompas sport

Aji Santoso Jagokan Taisei Marukawa jadi Pemain Asing Terbaik Liga 1: Jenius, Kualitas Kelas Wahid

Kompas.tv - 27 Maret 2022, 06:20 WIB
aji-santoso-jagokan-taisei-marukawa-jadi-pemain-asing-terbaik-liga-1-jenius-kualitas-kelas-wahid
Penyerang Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa. (Sumber: Liga Indonesia Baru)
Penulis : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV-- Pesepak bola asal Jepang Taisei Marukawa mampu menyita perhatian publik sepak bola Tanah Air.

Di musim pertamanya bermain di Liga Indonesia, ia mampu membawa Persebaya Surabaya berprestasi di Liga 1 2021-2022 dan sang pelatih Aji Santoso menjagokannya untuk menjadi pemain asing terbaik Liga 1 musim ini.

“Saya sudah sampaikan dari dulu, Marukawa adalah pemain asing paling bersinar musim ini dan dia benar-benar pemain baru di Liga Indonesia,” kata pelatih berusia 51 tahun tersebut. 

Aji pun memuji aksi Marukawa pada kemenangan 3-0 atas tim juara Bali United, Jumat (25/3/2022). Klaim Aji Santoso memang sangat beralasan untuk memuji kualitas Taisei Marukawa. 

Menurut eks pelatih PSIM Yogyakarta itu, Marukawa menunjukan semua kualitas yang dimiliki oleh pemain kelas wahid. Pria asal Kepanjen, Malang ini pun tak ragu mengklaim Taisei Marukawa sebagai pemain asing terbaik di Liga 1 2021-2022.

“Ini tidak mudah bagi dia, pertama kali datang, dia mencetak 16 gol. Tiga gol ke gawang Bali United juga buah assist dia yang sangat cerdas,“ imbuhnya, dikutip dari Kompas.com, Minggu (27/3).

Aji Santoso layak berbangga karena pemain pilihannya sedang menjadi fenomena. Taisei Marukawa merupakan pemain Persebaya paling produktif di Liga 1 2021-2022 dengan koleksi 16 gol dan 10 assist

Marukawa terlibat dalam 26 dari total 55 gol Bajul Ijo musim ini. Aji mengutarakan ada satu faktor yang membedakan dengan Taisei Marukawa dengan pemain asing lainnya di Liga 1, yaitu kecerdasan sang pemain.

Berdasarkan pengamatannya, pemain 25 tahun tersebut tidak hanya piawai dalam mengolah bola, tapi juga mampu mengambil keputusan cepat dan tepat dalam situasi genting.

Kecerdasannya kerap memberikan solusi saat Persebaya Surabaya buntu di dalam lapangan. 

“Misalnya pada gol ketiga Persebaya ke gawang Bali United. Kalau tidak pintar pasti dia akan oper ke Ricky Kambuaya,” kata pelatih yang pernah menukangi Persela Lamongan itu.

“Namun, Ricky Kambuaya maju ke ruang terbuka lalu ada pemain lawan yang ikut. Marukawa mengoper ke Samsul dan terjadi gol dengan situasi satu lawan satu melawan kiper,“ pungkasnya. 

"Saya mengakui Marukawa adalah pemain yang jenius," puji mantan Kapten Timnas Indonesia ini.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x