Kompas TV olahraga kompas sport

Kalah dari Macedonia Utara, Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Kompas.tv - 25 Maret 2022, 06:16 WIB
kalah-dari-macedonia-utara-italia-gagal-lolos-ke-piala-dunia-2022
Pemain Makedonia Utara merayakan kemenangan, sementara Italia terpekur dengan kekalahannya. Dalam pertandingan yang berlangsung di Palermo, Italia, Jumat (25/3/2022) dini hari, Makedonia memenangkan pertandingan 1-0 dan membuat Italia harus mengubur harapan untuk berlaga di Piala Dunia. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

PALERMO, KOMPAS.TV — Juara Eropa Italia akan kembali absen di Piala Dunia 2022. Di luar dugaan, tim Azzuri dikalahkan 1-0 oleh Makedonia Utara. Gol menit terakhir oleh Aleksandar Trajkovski di semifinal playoff pada Jumat dini hari WIB, membuat Italia gagal lolos ke Piala Dunia.

Trajkovski mencetak gol dengan tembakan dari luar kotak penalti yang merupakan satu-satunya peluang nyata Makedonia Utara setelah penampilan yang sepenuhnya didominasi Italia. Sebelumnya, Italia banyak yang menyia-nyiakan sejumlah peluang untuk mencetak gol.

Tapi, seperti lima tahun yang lalu, pada peluit akhir para pemain Italia jatuh ke tanah dalam kekecewaan yang mendalam. Beberapa dari mereka menangis ketika harus menerima kenyataan pahit ini. Suasana kontras terlihat pada tim Makedonia Utara yang merayakan dengan sukacita. 

Baca Juga: Roberto Mancini: Target Italia Juara Piala Dunia 2022, Kami Harus Lolos dari Playoff

Italia juga gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Swedia dalam playoff dua leg pada November sebelumnya.

Melewatkan Piala Dunia dua kali berturut-turut adalah titik terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi juara dunia sebanyak empat kali ini, terutama hanya beberapa bulan setelah memenangkan Euro 2020.

“Saya bangga dengan rekan satu tim saya, kami semua hancur dan hancur, tetapi kami harus memulai lagi,” kata kapten Italia Giorgio Chiellini. "Saat ini sulit untuk membicarakannya, itu akan tetap menjadi lubang besar,” ujarnya seperti dikutip dari The Associated Press.

“Saya berharap pelatih akan bertahan karena dia sangat penting untuk tim ini. Sekarang kami harus kembali menang, pergi ke Euro dan dalam waktu empat tahun kembali ke Piala Dunia yang diberkati ini,” tambahnya.

Makedonia Utara akan menghadapi Portugal pada Selasa untuk memperebutkan satu tempat di Piala Dunia yang akan berlangsung di Qatar, setelah tim Cristiano Ronaldo mengalahkan Turki 3-1. 

Baca Juga: Jadwal Playoff Piala Dunia 2022 UEFA: Potensi Duel Akbar Portugal kontra Italia

Roberto Mancini kehilangan sejumlah pemain yang membantu Italia memenangkan Kejuaraan Eropa musim panas lalu dan harus menurunkan pertahanan darurat. Italia memulai dengan agresif tetapi berjuang untuk menemukan jalan melewati tembok yang dibangun tim kaus merah.

Azzurri mendapat peluang bagus di menit ke-30 setelah tendangan menghebohkan dari kiper Makedonia Utara membuat Domenico Berardi berpeluang mencetak gol, namun tembakannya gagal dan Dimitrievski kembali tepat waktu untuk melakukan penyelamatan.
Dimitrievski melakukan beberapa saat kemudian dengan lebih baik ketika dia melepaskan tembakan menyudut dari Ciro Immobile ke atas mistar.

Italia semakin dekat dan Dimitrievski harus melakukan penyelamatan lagi, kali ini untuk menggagalkan upaya Lorenzo Insigne di sekitar tiang gawang.

Makedonia Utara melakukan percobaan pertama ke gawang menjelang turun minum ketika Enis Bardi memasukkan bola untuk Trajkovski tetapi usahanya langsung mengarah ke Giangluigi Donnarumma.

Baca Juga: Hasil Lengkap Coppa Italia: Derby Milan Imbang, Juventus Menang Via Gol Bunuh Diri

Berardi hampir menebus kesalahannya di babak pertama di awal babak kedua tetapi melihat satu upayanya diselamatkan dengan baik oleh Dimitrievski dan tendangan melengkung lainnya melewati tiang kiri.

Italia mengepung gawang tetapi harus menerima kenyataan bahwa semua usaha digagalkan oleh Makedonia Utara.

Akhirnya Trajkovski menembakkan tembakan rendah ke sudut kiri bawah dan menghasilkan gol. Mancini pun terlihat tertegun di sideline ketika menyaksikannya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x